1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

Setelah WhatsApp, BlackBerry OS Kini Ditinggal Facebook

Facebook akan mengakhiri dukungannya pada 31 Maret mendatang

By Nur Chandra Laksana 21 Maret 2016 18:32
BlackBerry Z10 (Kārlis Dambrāns/flickr.com/janitors)

Money.id - Beberapa saat yang lalu, memang sempat beredar kabar bahwa Whatsapp akan meninggalkan sistem operasi (OS) BlackBerry (BB) dan beberapa lainnya. Namun, bukan hanya sampai disitu saja, kini giliran perusahaan induk WhatsApp, yakni Facebook siap meninggalkan BB OS.

Dilansir dari laman Crackberry (15/3), Facebook telah mengumunkan akan mengakhiri dukungan mereka kepada BB OS pada 31 Maret mendatang. Para pengguna BB OS 7.1 dan BB OS 10 akan menerima pembaharuan terakhir mereka.

Nantinya, pembaharuan tersebut akan menggantikan shortcut aplikasi Facebook menjadi lanuncher situs mobile Facebook. Ini artinya, para pengguna kedua OS ini terpaksa menggunakan browser mereka untuk membuka Facebook.

 

Berusaha Membujuk

Setelah menerima kabar ini, BlackBerry pun segera mengutarakan keberatannya soal pencabutan dukungan oleh Facebook dalam sebuah posting blog. Namun hingga saat ini, Facebook masih belum memberikan pernyataan.

“Kami sangat kecewa dengan keputusan mereka karena banyak sekali pengguna yang menyukai aplikasi-aplikasi ini. Kami berjuang untuk mengubah pikiran WhatsApp dan Facebook,” tulis Senior Marketing Manager BlackBerry Lou Gazzola.

Untuk itu, Gazzola pun mengajak para pengguna BB untuk mengunggah kicauan di akun Twitter mereka dengan hash tag #ILoveBB10Apps. Hal ini dilakukan untuk membujuk Facebook dan juga tentunya WhatsApp agar mengubah keputusan mereka.

Memang, dengan kenyataan menurunnya pengguna BB 10 pada beberapa tahun kebelakang, mungkin menjadi salah satu pertimbangan untuk dicabutnya dukungan Facebook dan WhatsApp di perangkat BB.

Bahkan, dalam sebuah data yang dikeluarkan oleh firma riset Gartner dan Comscore mengungkan, kini pangsa pasar BB di pasar global memiliki angka kurang dari 1 persen. Jika sudah seperti ini, apakah aplikasi besar lainnya juga akan meninggalkan OS ini?

Baca Juga

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section