1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Lippo Umumkan Investasinya di Layanan Grab

Sebelumnya, investasi ini dirahasiakan oleh kedua belah pihak.

By Nur Chandra Laksana 21 Maret 2016 17:14
CEO Grab Antony Tan dan Direktur Lippo Group John Riady (Grab)

Money.id - Salah satu layanan penyedia jasa transportasi roda dua dan empat berbasis aplikasi, Grab, baru saja mengumumkan kemitraan strategis bersama Lippo Group pada Senin 21 Maret 2016 pagi. Dengan kemitraan ini, Grab akan menyediakan jasa transportasi dan pengiriman utnuk meningkatkan layanan online-offline dari MatahariMall.

Ternyata, kemitraan ini bukanlah pertama kalinya dilakukan antara Grab dan Lippo Group. Dilansir dari laman Tech in Asia, pemilik e-commerce MatahariMall ini salah satu investor di Ventura Capital (VC) yang mendukung layanan Grab sejak awal.

Direktur Lippo Group, John Riady juga mengatakan bahwa Lippo Group menanam modal sekitar US$100 juta, atau sekitar Rp1,3 triliun untuk Grab. Namun, John tidak menyebut nilai total investasi Lippo Group di VC tersebut.

Memang sebelumnya, investasi ini dirahasiakan oleh Lippo Group dan Grab. Hal ini dikarenakan pada saat itu, Grab belum memiliki status yang jelas, hingga belakangan ini ditegaskan melalui pembentukan koperasi untuk Grab.

Perang angka

Pada rilis yang sama, Grab juga membuat sebuah klaim tegas yang berisi tentang kekuatan performanya di Indonesia. Dari ketiga layanan yang ada, yakni GrabCar, GrabTaxi, dan GrabBike, masing-masing memiliki market yang sangat kuat.

Grab mengklaim bahwa GrabCar dan GrabBike telah menguasai pangsa pasar lebih dari 50 persen di segmen masing-masing. Untuk layanan GrabCar, mereka bersaing dengan penyedia jasa sejenis, yakni UberX. Sementara itu, layanan GrabBike merupakan rival berat Go-Jek. (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section