1. HOME
  2. DIGITAL
TELKOMSEL

Saat Gerhana Matahari Total, Trafik Data Internet 'Padat'

XL dan Telkomsel mencatatkan lonjakan trafik layanan data internet 4G LTE yang sangat signifikan.

By Adhi 10 Maret 2016 15:10
Pixabay.com

Money.id - Momen langka gerhana matahari total yang terjadi Rabu, 9 Maret 2016 kemarin, ternyata menyisakan cerita bagi para operator seluler di tanah air. Hampir seluruh operator seluler mengaku bahwa lalu lintas (trafik) layanan telekomunikasi mereka, khususnya layanan data internet melonjak pada hari istimewa tersebut.

Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya mengatakan sepanjang hari Rabu kemarin, terjadi kenaikan trafik layanan data internet yang cukup signifikan. Kenaikan trafik yang paling mencolok terlihat di beberapa lokasi utama terjadinya momen gerhana matahari total.

Menurut yang dikutip dari laman Merdeka.com, Kamis 10 Maret 2016, di Jakarta, Palembang dan Palangkaraya terjadi kenaikan trafik lebih dari 30 persen, sementara di Balikpapan lebih dari 100 persen.

Yang paling signifikan adalah di Belitung. XL mengklaim berhasil mencatatkan lonjakan trafik layanan internet cepat 4G LTE hingga 3.350 persen. Untuk layanan 3G, trafik juga naik cukup signifikan, yaitu mencapai 75 persen.

Tak berbeda dengan XL, operator seluler 'pelat merah' Telkomsel juga mengalami kenaikan trafik data internet yang signifikan.

Dalam keterangan resminya, Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi memaparkan bahwa terjadi peningkatan trafik data internet sebesar 387 persen dibanding dengan hari-hari normal pada lokasi pengamatan gerhana matahari total, terutama di wilayah Pantai Kelayang & Tanjung Tinggi, Belitung.

"Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dan pelanggan tetap bisa menikmati layanan 4G Telkomsel dengan kualitas terbaik, sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi di lokasi-lokasi yang dipadati oleh wisatawan," ungkapnya.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section