1. HOME
  2. DIGITAL
GAME

Risiko Bermain Pokemon Go di Tempat Kerja

Para pegawai rentan terdistraksi saat berkerja karena terlalu serius bermain Pokemon Go.

By Adhi 15 Juli 2016 19:14
Ilustrasi bermain Pokemon Go di tempat kerja (finance.yahoo.com)

Money.id - Sejak dirilis di Amerika, Australia, dan Selandia Baru pada 6 Juli lalu, Pokemon Go langsung menjadi fenomena. MenurutĀ The Guardian, pemainnya tercatat melampaui pengguna harian Twitter di Amerika yang penggunanya mencapai 65 juta.

Saham Nintendo sendiri pun meroket sebesar 50%. Kombinasi dari nostalgia dan fitur Pokemon Go yang unik mungkin adalah rahasia di balik kesuksesannya yang fenomenal.

Berbasis teknologi Augmented Reality dan memanfaatkan fasilitas GPS dan kamera ponsel, Pokemon Go mengajak para pemain untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar untuk berburu ratusan karakter Pokemon.

Fitur Pokemon Go yang menarik ini memiliki nilai plus sekaligus minusnya sendiri. Sisi positifnya, para pemain menjadi aktif karena harus berkelana dan kadang berjalan beberapa kilometer sambil mencari Pokemon.

Di sisi lain, 'tuntutan' untuk terus bergerak ini menimbulkan masalah tersendiri, dari rentan dirampok hingga tabrakan mobil karena terlalu fokus mengamati layar ponsel.

Distraksi Saat Bekerja

Jika Anda sendiri pernah bermain Pokemon Go, Anda tentu telah merasakan sendiri betapa mudahnya permainan ini membuat ketagihan. Kaum profesional di berbagai negara juga tidak luput dari daya tariknya.

Bicara pada Inc.com, seorang pegawai di Washington yang tempat kerjanya kebetulan adalah Pokestop mengaku bahwa ia sering mengecek ponselnya di tengah-tengah kesibukan kerja dan ia menduga banyak rekan kerjanya juga melakukan hal yang sama.

Tidak sedikit juga pegawai yang telat masuk kerja karena berkali-kali berhenti di berbagai Pokestop di tengah jalan atau sengaja mengambil rute panjang untuk memperbesar peluang bertemu lebih banyak karakter Pokemon.

Max Renke, seorang staf di University of New Hampshire bertutur bahwa ia dan rekan-rekannya pun tidak akan segan-segan untuk segera meninggalkan pekerjaan dan berlari keluar jika beredar kabar bahwa ada Pokemon yang nongkrong di luar gedung.

"Ada kolega saya yang sampai menghilang selama 10 menit penuh hanya untuk menangkap Pokemon." katanya pada Inc.com. Namun menurutnya, bermain Pokemon Go membuat para kolega menjadi semakin akrab karena mereka bisa berburu Pokemon bersama saat makan siang.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section