1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Raup Hampir Rp500 Triliun, Android Dituntut Oracle

Pendapatan ini diraih oleh Google dalam jangka waktu delapan tahun.

By Nur Chandra Laksana 23 Januari 2016 08:08
Markas Google Taran/geekphotography.in

Money.id - Sebagai salah satu sistem operasi yang paling banyak dipakai di dunia, Android pastinya memiliki pemasukan yang luar biasa. Namun seberapa banyak kah keuntungan Android?

Dilansir dari laman Bloomberg, nilai keuntungan yang didapat sistem operasi Android dari 2008 hingga 2015 ditaksir mencapai US$36 miliar atau sekitar Rp499,6 triliun.

Keuntungan ini didapatkan sebagian besar dari potongan keuntungan saat sebuah pemilik aplikasi menjual aplikasi buatan mereka.

Namun di balik penghasilan tersebut, ternyata ada pihak yang merasa dirugikan. Salah satunya adalah Oracle, yang baru-baru ini menuntut Android karena telah melanggar hak cipta mengenai salah satu penamaan API Java yang digunakan oleh Google di sistem operasi Andorid mereka.

Tujuan Google memakai API Java ini sebenarnya adalah untuk mempermudah para programmer Andorid.

API Java adalah bagian dari bahasa pemrograman Java yang banyak dipakai dan dikenal oleh programmer di seluruh dunia.

“Angka ini adalah angka yang tidak boleh dikeluarkan ke publik dan sifatnya sangat sensitif, dan penyingkapan data ini ke publik ditakutkan akan memberi dampak negatif terhadap bisnis kami,” kata pihak Google mengenai tuntutan yang dilayangkan oleh Oracle.

Di sisi lain, pihak Oracle tengah melakukan penuntutan sebesar US$1 miliar atau sekitar RP13,8 triliun untuk kerugian yang mereka alami. Tuntutan tersebut sudah dilayangkan ke pihak pengadilan. (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section