1. HOME
  2. DIGITAL
CYBERCRIME

Pengusaha UKM Juga Rawan Diserang Hacker

Di samping menguntungkan, ternyata go digital juga menyimpan bahaya bagi UKM.

By Adhi 3 Mei 2016 16:03

Money.id - Kejahatan di dunia maya semakin hari semakin mengerikan dan terorganisasi saja. Tak ayal, motif yang dianut para penyerang cyber untuk menyusup ke jaringan pun terus berkembang. Yang mengejutkan, mereka sekarang tak cuma menarget perusahaan besar, tetapi juga mulai merambah ke bisnis UKM!

Temuan ini disampaikan oleh perusahaan keamanan komputasi Symantec. Menurut mereka, kasus ini sangat lazim dialami perusahaan besar maupun kecil. Yang patut menjadi catatan ialah tidak semua perusahaan mempunyai keamanan TI yang ketat, apalagi perusahaan kecil. Tak heran, bisnis UKM pun menjadi sasaran empuk para kriminal dunia maya.

"Di Indonesia, 60 persen UKM dengan karyawan kurang dari 250 orang menjadi sasaran serangan phishing pada tahun 2014," jelas Subhendu Sahu, Senior Director ASEAN Channels Symantec.

Karena target serangan mereka baru, para penjahat cyber pun mengubah modus operandinya. Dahulu, mereka memasuki jaringan perusahaan secara paksa, dengan memanfaatkan Trojan atau "penyusup" sejenis.

Sekarang, ancaman itu telah berganti dengan mekanisme yang lebih sederhana sekaligus mematikan. Ya, dengan menginfeksikan malware pada software yang ada di jaringan internal, mereka tak perlu susah payah lagi untuk menyusup ke dalam jaringan tersebut.

Dilema 'Go Digital'

Di era digital seperti sekarang ini, industri ekonomi kreatif kecil dan menengah diyakini dapat berperan sebagai sumber kekuatan baru ekonomi Indonesia. Dengan kontribusi yang signifikan tersebut, ekonomi kreatif dianggap sebagai sektor strategis dalam pembangunan nasional ke depan.

Hingga akhir tahun 2014 ekonomi kreatif kecil dan menengah juga mampu menyumbang Rp716 triliun atau setara 7,06 persen total produk domestik bruto (PDB). Tidak hanya tahun ini, PDB yang dihasilkan oleh industri kreatif telah berlangsung sejak sebelumnya.

Kondisi tersebut didukung oleh kemajuan teknologi dengan pemanfaat internet. Para pengusaha UKM kini merambah ranah digital dengan konsep e-commerce (toko online) dalam memasarkan produk.

Di samping menguntungkan, ternyata go digital  juga menyimpan bahaya bagi UKM. Ancaman cyber seperti yang telah dipaparkan hasil studi Symantec menjadi ancaman baru bagi bisnis UKM.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section