1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Pemerintah Brasil Kembali Blokir WhatsApp

Pemblokiran ini sungguh mengejutkan....

By Nur Chandra Laksana 3 Mei 2016 12:25
WhatsApp (designtrends.com)

Money.id - Sekitar 100 juta pengguna WhatsApp di Brasil kaget karena mereka mendadak tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut. Pasalnya, semenjak Senin, 2 Mei kemarin, aplikasi ini resmi diblokir pemerintah setempat.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Selasa 3 Mei 2016, pemblokiran ini dilakukan karena pihak WhatsApp tidak memberikan data pelanggan kepada pemerintah Brasil. Terutama saat menyelidiki kasus kriminal.

Selanjutnya pihak pemerintah Brasil membawa kasus ini ke pengadilan pada 24 April lalu. Akibatnya, pemerintah Brasil meminta 5 operator telekomunikasi memblokir WhatsApp selama 72 jam, terhitung mulai Senin, 2 Mei 2016.

Menanggapi hal ini, pihak WhatsApp kecewa dengan keputusan ini. Selain itu mereka juga mengatakan bahwa pemblokiran ini seperti menghukum 100 juta orang di Brasil secara bersamaan.

“Akibatnya 100 juta orang pengguna kami di Brasil bakal ikut menanggung hukuman tersebut, hanya demi memaksa kami menyerahkan informasi yang tidak kami miliki,” tutur perwakilan WhatsApp.


Bukan Pertama Kali

Kejadian pemblokiran ini memang bukanlah yang pertama kali. Pada Desember 2015 lalu, WhatsApp juga pernah diblokir selama 48 jam. Penyebabnya adalah WhatsApp tidak mau menyerahkan data yang akan digunakan untuk penyelidikan kriminal.

Namun, dikarenakan banyaknya protes yang dilakukan oleh rakyat Brasil, pemerintah Brasil akhirnya memangkas waktu pemblokiran menjadi 12 jam saja.

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section