1. HOME
  2. DIGITAL

Kerjasama XL-Damri Permudah Pelacakan Armada

Keberadaan sistem yang berbentuk aplikasi ini akan memungkinkan penumpang mengetahui waktu kedatangan bus.

By Adhi 16 Oktober 2015 18:34
Penandatangan MoU oleh Dirut XL Dian Siswarini dan Dirut Perum Damri Agus S. Subrata

Money.id - XL terus mengembangkan layanan inovatif berbasis Internet of Things (IoT) sebagai solusi bagi kalangan bisnis berbagai sektor. Bertepatan dengan acara pelaksanaan HUT ke-19, XL menandatangani kerjasama dengan Perusahaan Umum Damri dalam menyediakan sistem pemantauan "Passenger Information System"

Penandatanganan nota kerjasama dilakukan oleh Direktur Utama XL, Dian Siswarini dan Direktur Utama Perum Damri, Agus S. Subrata di Jakarta, Jumat, 16 Oktober 2015.

Direktur Utama XL, Dian Siswarini mengatakan, "Kami berharap sistem baru yang kami kembangkan bersama Damri ini akan bisa maksimal dan membantu peningkatan kinerja Damri sebagai perusahaan transportasi legendaris di Indonesia."

Sistem pemantauan yang dirancang oleh XL ini bermanfaat baik bagi penumpang, pengemudi bus, maupun pengelola manajemen perusahaan Damri. Bagi penumpang, keberadaan sistem yang berbentuk aplikasi ini akan memungkinkan mereka mengetahui waktu kedatangan bus sehingga dapat menghemat waktu tanpa perlu mengantri di terminal, mempermudah transaksi pembelian tiket, bahkan bisa memonitor anggota keluarga yang sedang dalam perjalanan.

Bagi pengelola Damri, sistem ini akan mempermudah memantau lokasi keberadaan armada bus, kondisi bus, dan score card awak bus yang beroperasi. Dengan demikian, perusahaan bisa mengoptimalkan kegiatan operasional, meningkatkan pelayanan, dan sekaligus menurunkan biaya operasional.

Sebagai perusahaan angkutan pertama di Indonesia, jumlah armada Damri tidak kurang dari 2.500 unit bus. Pada tahap awal, aplikasi yang dinamakan Passenger Information System ini akan dipasang pada 260 armada bus jalur Bandara Soekarno Hatta yang menuju ke beberapa wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.

Laporan: Nur Chandra Laksana

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section