1. HOME
  2. DIGITAL

Mau Belanja Pakai Telkomsel T-Cash? Begini Caranya

Dengan teknologi NFC, proses pembayaran via T-Cash akan lebih mudah.

By Adhi 16 Oktober 2015 11:33
Ilustrasi (Telkomsel)

Money.id - Telkomsel resmi meluncurkan New T-Cash yang telah dilengkapi dengan teknologi Near-Field Communication (NFC), 15 Oktober 2015. Bagi para pengguna uang elektronik (e-money) T-Cash versi terbaru ini, Telkomsel menyediakan stiker khusus berteknologi NFC.

Dengan teknologi NFC, proses pembayaran via T-Cash akan lebih mudah. Pengguna hanya perlu men-tap stiker NFC tersebut ke mesin khusus yang disediakan merchant.

Beberapa merchant yang telah mendukung pembayaran New T-Cash antara lain adalah Coffee Bean, 7-Eleven, Indomaret, McDonald, Wendy's, Bakmi GM, Baskin Robbins, dan Cinema XXI. Total ada 10.000 gerai yang diklaim sudah ready NFC.

Nah, sebenarnya bagaimana sih caranya jika ingin menjadi pengguna T-Cash? Tenang, caranya cukup mudah.

Anda tinggal datangi saja GraPaRi terdekat. Jika tidak ada GraPaRI terdekat, maka cukup datangi saja counter penjual kartu perdana Telkomsel terdekat. "Ada 400 ribu lebih counter Telkomsel yang terdaftar di Indonesia," jelas Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel.

Adapun langkah–langkah pendaftaran hingga mendapatkan stiker NFC Telkomsel adalah sebagai berikut:

1. Datangi GraPaRi atau counter Telkomsel terdekat di lingkungan Anda

2. Lalu Anda akan diarahkan untuk mendaftar terlebih dahulu melalui ponsel dengan menghubungi *800*88#

3. Setelah itu, Anda akan mendapat pesan balasan dari 2828 yang berisi informasi T-Cash yang sudah terdaftar dan akan mendapatkan PIN

4. Anda pun diwajibkan untuk langsung mengganti PIN tersebut dengan cara mengetik CPIN dan dikirimkan ke 2828

5. Setelah mendapatkan pesan yang mengatakan Anda sukses mengganti PIN, segera hapus pesan singkat tersebut untuk menjaga kerahasiaan PIN

6. Barulah Anda akan diberikan stiker NFC khusus dari Telkomsel. Di belakang stiker itu terdapat 12 digit angka yang harus Anda hubungkan dengan nomor Telkomsel Anda, yakni dengan cara mengetikkan PAIR <12 digit angka> lalu kirimkan ke 2828.

7. Jika sudah, maka dengan begini NFC T-Cash Telkomsel Anda sudah aktif.

Nah, untuk mengecek saldo T-Cash, Anda cukup menghubungi *800#. Setelah itu pilih menu cek saldo, lalu masukkan PIN dan Anda akan mendapatkan sebuah pesan berisi saldo T-Cash.

Bukan hanya cek saldo, di menu ini Anda juga akan menemukan informasi lainnya seputar Telkomsel T-Cash.

Untuk sementara, layanan ini baru tersedia di wilayah Jabodetabek saja. Telkomsel menyebutkan bahwa kota-kota besar di wilyah Jawa-Bali akan segera menyusul. (ita)

Laporan: Nur Chandra Laksana

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section