1. HOME
  2. DIGITAL
TOKO ONLINE

Industri e-Commerce Ditetapkan sebagai Program Nasional 2016

Presiden Jokowi berharap e-commerce dapat menjadi bagian dari pondasi perekonomian nasional.

By Adhi 18 Januari 2016 12:47
Ilustrasi

Money.id - Keseriusan pemerintah untuk memberdayakan bisnis digital dibuktikan melalui penetapan road map binis e-commerce oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Dalam penetapan itu, akhirnya diputuskan bahwa formalisasi peta jalan e-commerce dan penetapannya menjadi program nasional yang akan diluncurkan akhir Januari 2016 ini.

Kemudian, penunjukkan PMU (Program Management Unit) yang akan mengkoordinasikan kementerian ata lembaga dalam implementasi peta jalan dan memantau perkembangan dari masing-masing inisiatif di kementerian atau lembaga-lembaga terkait.

Dalam siaran pers dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), keputusan itu merupakan hasil dari rapat koordinasi yang diadakan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution dan dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri PPN Sofyan Djalil, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas.

Rapat juga dihadiri pejabat-pejabat dari kementerian/lembaga terkait serta wakil Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), PT Pos Indonesia, Wakil Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Asperindo.

Formalisasi ini merupakan proses panjang yang telah dimulai sejak diinisiasi pada bulan Desember 2014.

Peta jalan e-Commerce merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI agar industri e-commerce di Indonesia dapat tumbuh dengan manfaat yang dapat menetap di Indonesia.

Inisiatif pembuatan peta jalan ini merupakan arahan hasil Rapat Koordinasi Pertama tanggal 6 Maret 2015 yang dipimpin oleh Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Bapak Sofyan Djalil.

Peta jalan berbasis pemikiran bahwa e-commerce nasional akan maju apabila dilakukan inisiatif-inisiatif sebagaimana yang dilakukan oleh negara lain yang telah maju e-commerce nya seperti China dan Amerika Serikat. (poy)

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section