1. HOME
    2. DIGITAL
DIGITAL

10 Tanda Kecanduan Media Sosial

Tanpa disadari, sering memeriksa akun orang lain adalah tanda Anda kecanduan media sosial.

By Rizki Astuti 31 Januari 2016 12:13
Kecanduan media sosial, tak bisa jauh dari smartphone (Generationnext.com)

Money.id - Orang mungkin merasa heran jika ada yang mengatakan 'kecanduan' media sosial. Tapi ini nyata dan menjadi masalah serius. Sama seperti kecanduan lainnya, kecanduan media sosial memiliki konsekuensi negatif dan dapat memengaruhi kehidupan Anda.

Riset terbaru menemukan 55% orang berusia di atas 25 tahun, merasa harus memeriksa Facebook setidaknya sekali per hari, dan 49% orang di bawah usia 25 tahun akan memeriksa media sosial lain saat sedang makan.

Dilansir dalam laman Therichest, Minggu 31 Januari 2016, kecanduan media sosial berarti Anda tidak dapat berhenti menggunakannya. Hal ini dapat menyebabkan masalah psikologi, termasuk kecemasan dan rendah diri. 

Berikut adalah tanda-tanda bahwa Anda termasuk orang-orang yang kecanduan media sosial:


1. Pikiran Selalu ke Media Sosial

Anda pengguna aktif beberapa media sosial dan selalu 'gatal' ingin melihat dan menggunakannya? Berarti pikiran Anda sudah dipenuhi strategi, bagaimana caranya membuat status heboh atau mengunggah foto dan video yang bisa mengumpulkan jutaan likes.

2. Sebagai Pelarian

Banyak orang menggunakan media sosial sebagai pelarian dari masalah di dunia nyata. Meski kecanduan media sosial tidak seburuk kecanduan narkoba atau alkohol, namuntetap akan menjadi masalah.

Mungkin ingin melupakan masalah Anda sendiri dengan menghabiskan lebih banyak waktu memeriksa apa yang orang lain lakukan. Tanpa disadari hal itu malah menunjukkan bahwa Anda memiliki satu masalah.

Jadi Anda memutuskan berbagi beberapa masalah Anda dengan follower untuk mendapatkan simpati tanpa terus mencari tahu urusan orang secara virtual.

3. Gelisah dan Cemas

Sama halnya dengan orang yang kecanduan narkoba atau alkohol, mereka yang tak bisa lepas dari media sosial akan merasa asing. Mereka juga akan merasa gelisah dan cemas jika tidak dapat mengakses smartphone atau komputer untuk jangka waktu panjang. Jadi, kecanduan media sosial mungkin tidak hanya berakibat pada mental, tetapi juga fisik.

4. Ganggu Pekerjaan atau Pelajaran

Jika kinerja Anda di tempat kerja mulai menurun atau nilai di sekolah jeblok, Anda mungkin kecanduan media sosial. Kadang media sosial diperbolehkan dan dapat membantu produktivitas. Namun, kecanduan media sosial dapat mengambil alih pikiran dan membuat sulit untuk berpikir.

5. Jadi Alat Komunikasi Utama

Tidak ada salahnya meluangkan waktu menggunakan media sosial, tapi satu hal yang menarik adalah zaman sekarang orang menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi utama. Alih-alih menggunakan smartphone untuk membuat panggilan atau mengirim SMS, banyak orang yang menggunakan Facebook Messenger atau Twitter sebagai cara menghubungi seseorang.

Jika Anda lebih suka mengirim pesan pribadi melalui media sosial daripada bertemu langsung, ini tanda Anda mungkin kecanduan.

Next: Sering berbagi konten

 

 

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section