1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

BPPT: Tangan Buatan Tawan 'Iron Man Bali' Bukan Robotika

Sebuah perangakat yang masuk ke dalam kategri 'robotika' harus memiliki sistem kepintaran komputasi.

By Adhi 28 Januari 2016 19:54
Tawan sang 'Iron Man' dari Bali (9gag)

Money.id - Direktur Pusat Teknologi Elektronika Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Yudi Purwantoro menyebut lengan "robot" I Wayan Sumardana dari Bali bukan robot tetapi hanya sebuah alat bantu.

"Dan saat ini yang disebut robot jelas memiliki sistem kepintaran. Yakni berdasarkan komputerisasi dan di-input sistem perintah dengan akurasi yang tinggi, dan ada sistem kendalinya," kata Yudi dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Kamis 28 Januari 2016.

Karena itu, ia mengatakan, apa yang dibuat Wayan yang akrab disapa Tawan itu, merupakan sebuah alat bantu saja, karena belum memiliki sistem kepintaran yang dimaksud.

Namun demikian, apa yang dikembangkan Tawan seorang diri harus diapresiasi karena merupakan hal positif, kreatif, dan tepat guna.

Terkait pengembangan robot di Indonesia, Yudi mengatakan, beberapa perusahaan multinasional telah menggunakan robot. Namun itu pun hasil pengembangan yang dibawa dari negara asalnya.

"Orang Indonesia juga mampu membuat robot. Bahkan kita sempat menjuarai kontes robot di tingkat internasional," papar Yudi.

Sementara itu, tentang klaim mahasiswa di satu pendidikan tinggi swasta di Indonesia yang membuat kursi roda yang dapat dikendalikan otak manusia, menurut dia, sampai saat ini di dunia internasional belum ada satupun yang dapat membuat robot yang mampu dikendalikan nalar manusia.

"Hal itu mungkin sedang dikembangkan. Namun sampai saat ini masih sebatas tontonan film saja," ujarnya.

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section