1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Teh Hijau Minuman Mujarab Turunkan Berat Badan, Ini 4 Resepnya

"Teh hijau memang cocok untuk mereka yang sedang diet."

By Azalia Amadea 9 September 2016 10:07
Ilustrasi meminum teh hijau (nutritionsecrets.com)

Money.id - Teh hijau mengandung zat polifenol yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan juga membantu menyerap lemak. Maka dari itu, tak heran jika teh jenis ini banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani diet.

"Teh hijau memang cocok untuk mereka yang sedang diet. Namun teh jenis ini bisa benar-benar berkhasiat jika cara penyeduhannya tepat. Jika teh hijau diseduh dalam suhu 100 derajat maka khasiatnya akan hilang," kata Ratna Soemantri, Ketua Dewan Teh Indonesia yang ditemui Money.id dalam acara peluncuran Starbucks Teavana di Jakarta, Rabu 7 September 2016.

Teh hijau memiliki zat bernama katetin yang jika sudah terkena oksigen atau teroksidasi akan merubah warnanya-yang bening menjadi keruh. Apabila Anda menemukan teh hijau yang warna keruh, itu berarti teh hijau sudah teroksidasi.

Dalam teh hijau yang keruh tersebut terdapat kandungan teaflavin dan tearubigin yang membuat warnanya menggelap seperti yang terkandung dalam teh hitam.

Teh hijau yang sudah keruh khasiatnya akan hilang sehingga tidak lagi dapat membantu meluruhkan lemak dalam tubuh.

Ratna menegaskan, sebaiknya teh hijau diseduh dengan air bersuhu 70-80 derajat celsius, jika lebih dari itu maka rasanya akan semakin pahit dan antioksidannya akan rusak. Teh hijau juga tidak boleh terlalu lama diseduh cukup 2-3 menit saja.

Sebagai tea expert, Ratna juga tidak segan membagi resep teh hijau yang dapat menjadi rekomendasi varian minuman teh hijau bagi Anda yang sedang diet. Berikut empat resep sederhana varian teh hijau ala Ratna.

Teh hijau + daun mint

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan sajian teh hijau yang dicampur dengan daun mint. Selain nikmat, wangi daun mintnya juga dapat menenangkan tubuh dan pikiran Anda.

Teh hijau + lemon

Siapa yang tak tahu lemon tea? Sama halnya dengan lemon tea atau teh lemon, teh hijau juga dapat divariasikan dengan perasan atau irisan jeruk lemon.

Teh hijau + kulit jeruk lemon

Jika Anda tidak suka dengan rasa lemon yang terlalu asam, Anda dapat memanfaatkan bagian kulitnya. Caranya cukup dengan memarut kulit lemon dan masukkan ke dalam seduhan teh hijau hangat.

Teh hijau + daun pandan

"Resep yang satu ini merupakan favorit saya yaitu teh hijau dan daun pandan," ujar Ratna. Untuk membuat teh hijau dengan pandan, terlebih dahulu rebus air dan masukan beberapa sobekan daun pandan. Setelah mendidih barulah air rebusan daun pandan digunakan untuk menyeduh teh hijau. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section