1. HOME
  2. FRESH
KECANTIKAN

Walau Mendesak, Hindari Produk Kecantikan dan Makeup Kedaluwarsa

Faktor yang mempengaruhi masa berlaku produk kecantikan dan makeup adalah paparan udara, matahari, atau suhu panas ruangan.

By Dian Rosalina 8 September 2016 14:08
Ilustrasi Makeup dan Produk Kecantikan Wajah (thefashionfoot)

Money.id - Banyak wanita yang nekat memakai produk kecantikan dan makeup yang sudah kedaluwarsa. Alasannya karena isinya masih banyak atau dengan alasan lainnya. Tapi tahukah Anda, penggunaan produk kecantikan dan makeup yang kedaluwarsa bisa membuat kulit Anda rusak.

Tata Harper, seorang pemilik brand perawatan kulit alami terkenal di Amerika Serikat mengingatkan bahwa tanggal kedaluwarsa produk kecantikan bisa jadi lebih cepat dari pada yang dibayangkan.

"Mungkin Anda sudah memperhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan dengan seksama. Tapi apakah Anda menyadari jika masa penggunaan produk akan berubah setelah kemasannya dibuka? Hal itu karena setiap formula berbeda, tetapi semua produk berkurang masa pakainya dari waktu ke waktu," jelas Tata yang dikutip dari Popsugar, Kamis 8 September 2016.

Faktor-faktor yang mempengaruhi masa berlaku produk dan makeup kecantikan tersebut adalah paparan udara, matahari, atau suhu panas ruangan yang bisa menyebabkan bahan aktif dalam kosmetik menjadi berkurang khasiatnya.

Agar Anda bisa memperkirakan batas waktu pemakaian produk kecantikan dan makeup Anda, berikut aturan-aturan yang harus Anda perhatikan.

Pelembab: Enam Bulan sampai Satu Tahun

Kebanyakan pelembab baik digunakan selama enam bulan sampai satu tahun usai dibukan kemasannya. Produk yang dikemas dalam bentuk botol lebih pendek umurnya dibanding dengan yang menggunakan sistem pompa.

Karena lebih sering terekspos udara dan bakteri lebih mudah masuk. Nah untuk memeriksanya, Anda bisa tau dari perubahan bau, tekstur, dan warna produk. Kalau sudah merasa aneh, sudah waktunya dibuang.

Serum: Enam sampai sembilan bulan

Serum memang memiliki umur simpan yang lebih pendek, sekitar enam sampai sembilan bulan karena bahan berkinerja tinggi yang dikandungnya mudah kehilangan efektivitasnya.

Formula dengan vitamin C biasanya bersifat oksidasi dan akan kehilangan efektivitasnya jika terpapar udara. Jadi pilihlah kemasan yang tertutup rampat untuk melindungi formula dalam serum.

Pembersih Wajah: Enam Bulan sampai Satu Tahun

Formula berbasis minya bisa bertahan selama satu tahun jika disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, sedangkan produk berbasis air biasanya digunakan tak lebih dari enam bulan. Terutama yang mengandung BHA, AHA, atau enzim yang bisa mendegradasi atau mengoksidasi dengan cepat.

Minyak Pembersih: Sekitar Satu Tahun

Minyak lebih tahan terhadap bakteri daripada produk berbasis air, tapi masa pakaianya benar-benar tergantung pada cara Anda memperlakukan produk tersebut. Minyak bisa bertahan selama satu tahun atau lebih, tapi bisa menimbulkan bau tak sedap jika tidak disimpan dengan benar.

Bodylotion: Satu sampai Dua Tahun

Bodylotion mirip dengan pelembab, sehingga bisa bertahan sekitar satu tahun dan kadang sampai dua tahun. Tapi semua tergantung pada formula dan seberapa sering terpapar bakteri.

Foundation: Enam bulan Sampai Satu Tahun

Akan lebih baik jika Anda mengganti foundation dan makeup non-bedak lainya setelah enam bulan sampai satu tahun. Anda harus memeriksa perubahan pada produk seperti itu dan harus benar-benar memperhatikan cara merawat alat-alat seperti kuas dan spons. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section