1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Wah, Ternyata Ini yang Bisa Membuat Anda Kaya

Jadi seberapa kayakah Anda? Bila Anda masih bingung, kekayaan yang dimiliki mulai bertumbuh jika Anda mulai berpikir tentang uang dan mulai...

By Dian Rosalina 3 September 2016 13:40
Ilustrasi Kaya (playbuzz)

Money.id - Kekayaan adalah hasil akumulasi bukan apa yang Anda hasilkan selama ini. Jika Anda harus berhenti bekerja besok, berapa lama Anda bisa mempertahankan gaya hidup Anda sekarang? Itulah yang disebut kekayaan.

Banyak orang yang berpikir kekayaan datang dari apa yang Anda hasilkan dan Anda miliki, tetapi tidak. Jadi seberapa kayakah Anda? Bila Anda masih bingung, kekayaan yang dimiliki mulai bertumbuh jika Anda mulai berpikir tentang uang dan mulai memperlakukan uang berbeda. Dilansir dari Cermati, 3 September 2016 berikut jawabannya.

Cadangan Dana Tak Terduga

Mulailah dengan dana darurat yang tak terduga. Jangan gunakan uang tersebut jika memang bukan untuk kebutuhan mendesak seperti mendapatkan musibah atau jatuh sakit. Komitmen Anda untuk langkah ini sangat penting.

Selesaikan utang-piutang

Utang tentu musuh kekayaan. Walaupun begitu, banyak orang yang menggunakan kredit untuk membeli peralatan rumah tangga bahkan rumah. Lebih dari itu, untuk kebutuhan sekunder pun, seperti biaya pendidikan dan ongkos kesehatan juga berbasis kredit. Perhatikan dengan seksama dan tentukan prioritas apa yang menjadi kebutuhan utama dan apa yang menjadi sebatas keinginan.

Menabung

Menabung di bank memang memberikan bunga sebagai imbalan tetapi besaran bunga itu sesungguhnya tidak seberapa. Berinvestasi pada usaha ril seperti berjualan makanan ringan di tempat keramaian dengan modal di bawah Rp500.000 pasti lebih menghasilkan, memang tampak sederhana namun dengan hasil yang signifikan. Jika tidak dapat melakukannya sendiri, cari seseorang yang dapat dipercaya untuk menjalankan usaha Anda.

Hargai tiap peluang

Jika Anda orang yang menawari Anda peluang usaha, jangan ragu untuk menerimanya. Walaupun saat ini Anda tidak memerlukannya tetapi suatu saat nanti Anda akan perlu.

Misal ada yang menawari Anda untuk usaha bordir dengan modal mesin yang harus Anda beli. Saat Anda sudah menerima keuntungan, dan hasilnya menjanjikan, dukunglah lagi usaha tersebut agar lebih berkembang.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai jawaban tersebut, klik link ini. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section