1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Belum Punya Penghasilan Tetap? Ini Cara Atur Keuangan Anda

Tidak adanya pemasukan secara berkalang, membuat Anda juga kesulitan menyeimbangkan gaya hidup dan merencanakan masa depan.

By Dian Rosalina 23 Agustus 2016 13:31
Ilustrasi Keuangan (glamour)

Money.id - Memilih bekerja sebagai freelance atau membuka usaha sendiri memang memberikan rasa kebebasan untuk Anda. Namun kebebasan tersebut berbanding terbalik dengan kondisi keuangan Anda tentunya.

Tidak adanya pemasukan secara berkalang, membuat Anda juga kesulitan menyeimbangkan gaya hidup dan merencanakan masa depan. Karena Anda bukan pekerja tetap, ada baiknya Anda mengatur keuangan dalam kondisi seperti itu.

Dikutip dari Qerja, Selasa 23 Agustus 2016, ada tips untuk Anda yang tidak punya pemasukan tetap tapi masih ingin mengatur keuangan agar lebih baik. Berikut ulasannya.

Hindari Pola Pikir 'Bulan Tua' dan 'Bulan Muda'

Saat memiliki pekerjaan dan pemasukan, mudah rasanya untuk cepat puas dan merasa ingin berfoya-foya. Tapi saat tiba saat penyimpanan uang telah menipis, barulah Anda ingin berhemat.

Jika Anda ingin kondisi finansial Anda sehat dan stabil, hentikan menjalani gaya hidup yang ekstrem seperti itu. Boleh-boleh saja menikmati pengeluaran ekstra, namun jangan sampai Anda kalap dan membuat kondisi keuangan Anda tidak stabil.

Memberi Diri Sendiri Gaji

Nilai penghasilan tidak tetap bukan berarti kondisi keuangan Anda harus luntang-lantung setiap bulan. Anda adalah bos bagi diri Anda sendiri, jadi tidak ada salahnya menggaji diri sendiri.

Monitor pengeluaran Anda dengan ketat selama sebulan dan cari tahun berapa nilai minimal yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup selama satu bulan, mulai dari biaya makan, transportasi, tempat tinggal, pajak, dan kebutuhan ekstra.

Buat Rekening Tabungan Terpisah

Untuk memudahkan Anda mengatur gaji seperti poin di atas, pecah rekening Anda minimal menjadi tiga: rekening bisnis, kebutuhan pribadi, dan emergency. Jadikan rekening bisnis sebagai rekening utama untuk diisi komisi atau penghasilan apapun yang Anda dapat dari klien. Dari rekening bisnis, transfer lagi nominal yang Anda butuhkan ke rekening pribadi dan emergency, yaitu gaji Anda.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section