1. HOME
  2. V-MONEY
BANK INDONESIA

Bank Indonesia Menjaga Kualitas Uang Layak Edar

Selain menjaga kecukupan nominal uang yang beredar, Bank Indonesia juga memiliki tugas untuk menjaga kualitas uang agar tetap layak edar.

By Febriyani 15 Februari 2016 16:35
Uang rupiah (youtube.com/Bank Indonesia Channel)

Money.id - Dalam kehidupan sehari-hari, tak jarang kita temui uang rupiah dalam kondisi lusuh, penuh coretan bahkan robek yang masih beredar di masyarakat. Selain menjaga kecukupan nominal uang yang beredar, Bank Indonesia juga memiliki tugas untuk menjaga kualitas uang agar tetap layak untuk diedarkan. 

Uang yang tak masuk kategori layak edar dapat ditukarkan langsung ke Bank Indonesia. Uang tak layak edar yang telah ditukarkan oleh masyarakat, kemudian harus dimusnahkan dan diganti dengan uang yang layak edar setiap tahunnya.

Pada tahun 2015, kegiatan pemusnahan uang yang dilakukan oleh Bank Indonesia, dituangkan dalam Peraturan Bank Indonesia tentang jumlah dan nilai nominal uang rupiah yang dimusnahkan tahun 2015.

Bank Indonesia terus mengimbau masyarakat untuk menjaga fisik uang yang dimiliki. Menjaga rupiah sama saja dengan menjaga kehormatan bangsa Indonesia. Karena rupiah adalah simbol kedaulatan negara.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section