1. HOME
  2. OTOTALK
OTOMOTIF

Ternyata Ini Masalah di Balik Mesin Mobil Susah Menyala

Beberapa orang terlalu cepat menafsirkan mesin mobil susah menyala adalah karena aki yang soak dan mengganti aki mobil. Padahal...

By Rohimat Nurbaya 11 Oktober 2016 13:05
Ilustrasi Aki Mobil (Toyota Astra)

Money.id - Ketika mengendarai mobil pasti pernah mengalami kesulitan menghidupkan mesin dalam keadaan mesin panas. Padahal, ketika mesin dingin tidak apa-apa. Hal itu bukan sesuatu yang aneh, biasanya memang kelistrikan mobil kerap mengalami masalah secara tiba-tiba tanpa sebelumnya disertai dengan tanda-tanda akan mengalami kerusakan.

Dikutip dari laman Toyota Astra, penyebab utama 'penyakit' tersebut adalah karena pemilik mobil tidak rajin merawat kondisi mobil. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal itu terjadi, bisa karena faktor kerusakan dari sistem kelistrikan ataupun dari kerusakan komponen mesin yang sifatnya sangat kompleks.

Beberapa orang terlalu cepat menafsirkan masalah ini adalah karena aki yang soak dan mengganti aki mobil. Namun tidak selalu melulu kesalahan di aki, kerusakan juga bisa terjadi pada dinamo starter. Gejala kerusakan dinamo starter dan aki soak memang mirip.

Biasanya, kalau aki soak mobil tidak mau di-starter terus-menerus, pagi, siang, malam. Sehingga, harus ada analisa lanjutan untuk menentukan kerusakannya.

Aki memang merupakan sumber dari kelistrikan pada mobil yang sangat mempunyai pengaruh besar terhadap suplai arus listrik, bagian ini yang harus pertama kali di cek kondisinya jika mobil menunjukkan ada masalah suplai arus listrik.

Kalau aki atau dalam bahasa otomotifnya accu sudah terlihat kurang cairan dan umur aki sudah lebih dari dua tahun juga bisa menyebabkan aki tekor dan tidak kuat mengalirkan arus untuk starter mesin mobil.

Kemudian, periksa juga kabel kutub pada aki, jika kotor karena kerak ataupun jamur dan soket kepala aki kendor bisa membuat aliran listrik mobil terganggu. Aki yang rusak, tekor, atau soak, ditandai dengan mobil yang tidak bisa dihidupkan pada pagi hari.

Untuk mobil dengan transmisi manual, didorong dan mobil hidup, lalu mesin panas, dan ketika dimatikan lagi, mobil gampang dihidupkan lagi.

Apabila dinamo starter yang rusak, mobil biasanya akan mudah dinyalakan saat mesin dingin. Namun saat dalam keadaan mesin panas, susah menyalakan mobil, walhasil pemilik mobil harus menunggu temperatur kembali dingin untuk menyalakannya kembali.

Bila dinamo starter rusak biasanya saat kunci kontak diputar tidak ada listrik sama sekali. Segera perbaiki atau ganti dinamo dengan yang baru. Kerusakan juga bisa terjadi pada gear dinamo starter yang rusak, tandanya jika terdengar suara dinamo berfungsi namun hanya terdengar lepas / los sehingga tidak dapat menghidupkan putaran mesin.

Kerusakan ini biasanya terjadi karena bendix, atau arangnya habis, selain itu hal ini juga dapat terjadi karena ada masalah pada gulungannya. (dwq)

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section