1. HOME
  2. NEWS
ISIS

Teror New York, ISIS Ingin Hancurkan Pusat Bisnis Amerika?

Times Square New York dikenal sebagai pusat perdagangan dan bisnis paling berpengaruh di AS.

By Dwifantya Aquina 19 November 2015 13:21
Times Square New York (travellingmoods.com)

Money.id - Militan ISIS mengancam akan melancarkan teror bom bunuh diri di Times Square New York, Amerika Serikat. Ancaman itu dinyatakan lewat sebuah video terbaru yang dirilis media milik ISIS, Furat Media Center.

Apa alasan ISIS memilih Times Square sebagai sasaran teror?

Tak bisa dipungkiri kawasan tersebut adalah pusat bisnis di kota New York. Julukan "City That Never Sleep" atau kota yang tidak pernah tidur memang pantas ditujukan kepada New York.

New York adalah pusat perdagangan dan bisnis Amerika Serikat. Selain itu, di sana juga banyak tempat wisata yang kerap dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun asing, dengan jumlah kunjungan mencapai 39 juta orang tiap tahunnya.

Seperti dikutip dari Wikipedia, Times Square adalah nama persimpangan jalan utama di Manhattan, New York City, Amerika Serikat. Persimpangan ini adalah tempat bertemunya jalan Broadway dan Seventh Avenue, dan mencakup kawasan antara West 42nd hingga West 47th Street.

Kawasan di sekeliling Times Square yang disebut disebut Theatre District mencakup blok-blok dari timur ke barat antara Sixth Avenue dan Eighth Avenue, serta antara West 40th dan West 53rd Street dari utara ke selatan. Kawasan ini merupakan bagian sebelah barat dari distrik bisnis dan perdagangan yang disebut Midtown Manhattan.

Baca: Beredar Video ISIS Ancam Bom Times Square New York

Persis di tengah Times Square terdapat Gedung One Times Square yang dinding luarnya dipasangi papan iklan dan televisi berlayar lebar. Persimpangan Times Square dulunya bernama Longacre Square, namun nama persimpangan ini diganti menjadi Times Square sejak bulan April 1904 setelah harian The New York Times pindah ke Gedung Times yang baru selesai dibangun. Gedung Times lalu berganti nama menjadi One Times Square hingga sekarang ini.

Setiap malam tahun baru di Gedung One Times Square dilangsungkan upacara tahunan penurunan Bola Times Square. Times Square sering disebut "Persimpangan Dunia" atau "Great White Way" (Jalan Terang Yang Agung), dan telah mencapai status sebagai markah tanah yang terkenal di dunia sekaligus simbol kota New York dan Amerika Serikat.

Selain dikenal sebagai persimpangan seni dan perdagangan yang sibuk, Times Square juga merupakan tempat puluhan iklan papan listrik, neon dan lampu dan berita berjalan yang berlomba menarik perhatian pengunjung.

Kawasan Times Square, terutama persimpangannya yang ramai, telah sering sekali dijadikan lokasi cerita dalam sastra, televisi, film, video musik, dan permainan video. Times Square mudah dikenali oleh pemirsa dan penonton, sehingga sering sekali ada adegan Times Square diserang dan dihancurkan dalam berbagai film, termasuk di antaranya dalam film Deep Impact (hancur oleh tsunami) dan Transformers: Revenge of the Fallen.

Pembuat film pernah mengubah Times Square yang selalu hiruk-pikuk menjadi tempat sepi tanpa seorang pun, misalnya dalam film Vanilla Sky dan I Am Legend. Dalam film Basket Case, dua bersaudara yang terpisah dalam usia muda disebut "The Times Square Freak Twins" karena mereka menginap di motel di Times Square. Selain itu, Times Square berulang kali dijadikan sebagai lokasi berbagai permainan video dan serial televisi, di antaranya Tycoon City New York dan CSI: NY.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section