1. HOME
  2. NEWS
RIDWAN KAMIL

Ridwan Kamil Kenalkan Cable Car di Bandung

Pada tahap awal prototipe cable car akan dibangun sepanjang 850 meter dari kawasan Dago menuju Cihampelas.

By Rohimat Nurbaya 29 Oktober 2015 14:36
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (Facebook)

Money.id - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memperkenalkan cable car atau biasa disebut kereta gantung. Rencananya alat transportasi publik digantung menggunakan kabel itu akan digunakan di Kota Kembang.

"Testing show unit Cable Car Bandung. Semoga mimpi ini cepat hadir. Warga bisa melihat ini setiap hari di Balai Kota," tulis pria akrab disapa Kang Emil itu dalam Fanpage Facebook miliknya.

Pada tahap awal prototipe cable car akan dibangun sepanjang 850 meter dari kawasan Dago menuju Cihampelas. Beberapa kawasan dilintasi adalah lembah Babakan Siliwangi. Proyek purwarupa itu akan membuat 60 kabin yang mampu memuat 2.400 orang tiap jam.

Pembangunan cable car itu dikerjakan kontraktor, PT Aditya Dharmaputra Persada Development, kemudian didukung perusahaan asal Austria, Doppelmayer. Nilai investasi pembangunan sebesar 8 juta Euro.

Sejak 2012

Rencana pembuatan cable car di Bandung sudah dilakukan sejak Juni 2012, saat itu wali kota Bandung masih dijabat Dada Rosada. Tetapi tidak pernah kunjung terealisasi.

Saat itu rencana awal cable car di Bandung akan dibuat sepanjang 2 kilometer dengan membawa 55 kabin gondola. Cable car itu berawal dari Pusat Penelitian Geologi dan Kelautan, kemudian berakhir di pusat perbelanjaan Paris van Java, Sukajadi.

Tetapi rencana tersebut terbentur lahan, rute diubah. Rencananya cable car itu hanya akan melintasi lahan milik pemerintah Kota Bandung.

Beberapa negara di dunia memang sudah banyak yang menggunakan cable car. Beberapa di antaranya adalah, Singapura, Malaysia, Vietnam, Tiongkok, Venezuela, Switzerland, Columbia. (dwq)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section