1. HOME
  2. NEWS
BOM

Bom-bom yang Meledak di Toilet Mal Sepanjang 2015

Semua bahan-bahan peledak itu ada di toilet. Ada yang terkait dengan kelompok teroris.

By Ita Malau 28 Oktober 2015 15:10
Ilustrasi garis polisi (Pixabay)

Money.id - Sebuah ledakan terjadi di toilet Mal Alam Sutera, Tangerang Selatan pada Rabu 28 Oktober 2015, sekitar pukul 12.05 WIB. Ini bukan ledakan pertama yang terjadi di pusat perbelanjaan.

Dalam catatan Money.id, ada tiga ledakan yang terjadi di mal sepanjang 2015. Berikut daftarnya:

1. Mal Alam Sutera, 28 Oktober 2015
Ledakan ini terjadi toilet lantai Lower Ground, dekat kantin karyawan. Satu orang terluka atas nama Fian, salah satu karyawan di mal ini. Fian menderita luka di bagian kaki.

Ledakan ini tidak terlalu kuat. Namun, Polda Metro Jaya mengirim tim Gegana untuk memastikan penyebab ledakan tersebut, apakah bom atau bukan.

Pengelola pun tetap membuka mal meski ada ledakan. Polisi hanya memasang garis polisi di sekitar ledakan bom.

2. Mal Alam Sutera, 9 Juli 2015
Bom ini meledak di toilet mal dan berkekuatan rendah. Selain itu, kepolisian juga menyebut bahwa bom ini merupakan hasil rakitan.

Menurut Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti, bahan-bahan peledak mudah didapat di pasar bebas. Dalam penyelidikan kasus ini, polisi mengantongi video CCTV yang memperlihatkan seorang pria yang membawa tas kecil.

Badrodin menyebut, bahan peledak tersebut memiliki kesamaan dengan bahan peledak yang pernah ditemukan polisi di Cibiru, Bandung tahun 2010. Kala itu, lima perakit bom Cibiru ditangkap di beberapa lokasi berbeda, yakni Bandung dan Subang.

Kelompok ini diduga hendak meledakkan bom di Gunung Kareumbi, Sumedang sebagai bentuk latihan jihad.  

3. ITC Depok, 23 Februari 2015
Ledakan ini pun terjadi di toilet pusat perbelanjaan ini. Seorang saksi mengaku mendengar ledakan kecil dari lantai 2 sekitar pukul 17.30 WIB.

Ledakan bom inipun tidak kuat, tapi cukup untuk membuat pengunjung mal berhamburan ke luar. Polisi kemudian menemukan sebuah kardus cokelat yang sempat mengeluarkan ledakan ringan. Menurut seorang anggota kepolisian, kardus itu berisi tiga botol aki, kaleng cat, kabel berwarna merah dan hitam, serta baterai yang sudah hancur.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section