1. HOME
  2. NEWS
KABINET KERJA

Menpan Jamin Mahasiswa Cum Laude Lolos PNS Tanpa Tes

"Selalu ada tempat bagi pemuda berprestasi yang mau berkarier di pemerintahan."

By Dwifantya Aquina 29 Oktober 2015 11:05
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi (Setkab.go.id)

Money.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menjamin lulusan terbaik dari perguruan tinggi ternama lolos tanpa tes sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Ia mengatakan, pemerintah membuka jalur khusus bagi lulusan terbaik.

"Peraih cum laude dijamin lolos PNS," ujar Yuddy.

Menurut dia, mahasiswa yang lulus dengan indeks prestasi tinggi adalah sumber daya manusia (SDM) unggul yang tak patut disia-siakan karena bisa membantu meningkatkan kinerja aparatur sipil negara.

"Semisal, saya baca di media massa ada lulusan terbaik dari universitas ternama maka saat itu juga saya perintahkan Deputi SDM mencarinya, sekaligus menawari masuk instansi mana yang diinginkan untuk bergabung," terangnya.

Selain itu,  Yuddy juga mempersilakan rektor perguruan tinggi untuk berkomunikasi dengannya jika ada mahasiswa berprestasi dengan bukti nilai terbaik. "Tidak ada tes bagi mereka, tapi hanya persyaratan administratif. Selalu ada tempat bagi pemuda berprestasi berkarier di pemerintahan," ucapnya.

Bukan hanya itu, saat ini pemerintah pusat memiliki program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang menyekolahkan anak berprestasi untuk nantinya direkrut menjadi pegawai pemerintah.

"Program beasiswa LPDP baru tahun ini dan mereka menempuh pendidikan untuk nantinya menjadi PNS," kata politisi Partai Hanura ini.

Dia juga meminta masyarakat untuk tidak terjebak oleh tawaran rekrutmen PNS dari orang-orang tak bertanggung jawab dengan iming-iming uang. "Saya jamin proses rekrutmen PNS bersih dari nepotisme, termasuk harus membayar. Masyarakat harus tahu karena itu pasti bohong," kata Yuddy.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section