1. HOME
  2. NEWS
SCIENCE

Benda Luar Angkasa Jatuh ke Bumi Pada 13 November 2015

Astronom dari Minor Planet Centre di Cambridge, Massachusetts mengatakan benda tersebut diduga bertabrakan dengan benda antariksa lainnya.

By Stella Maris 28 Oktober 2015 16:45
Ilustrasi sampah antariksa (volker mohrke/dailymail).

Money.id - Para astronom dari Agensi Antariksa Eropa (ESA) menemukan pergerakan benda asing di luar angkasa yang siap 'menabrak' Bumi pada 13 November 2015. Benda asing itu disebut WTF1190F.

Dikutip laman Dailymail, Rabu 28 Oktober 2015, WTF1190F kembali terlacak pergerakannya setelah empat tahun lalu berada di perlintasannya. Para astronot memprediksi WTF1190F akan masuk ke Bumi dari ujung selatan Sri Lanka.

(WTH1190F yang ditemukan oleh para astronom ESA/dailymail)

Dari laboratorium NASA di Pasadena, California, WTF1190F diketahui merupakan sampah atau puing-puing benda buatan manusia. Gareth Williams, astronom dari Minor Planet Centre di Cambridge, Massachusetts mengatakan benda tersebut diduga bertabrakan dengan benda antariksa lainnya, sehingga meluncur ke Bumi.

Jonathan McDowell, astrofisikawan dari Harvard-Smithsonian Centre for Astrophysics di Cambridge, Massachusetts menduga, WTF1190F adalah bagian dari roket yang menjalankan misi Apollo, 40 tahun lalu.

Jika hal tersebut terbukti, kata McDowell, WTF1190F menjadi bagian pertama sampah buatan manusia yang kembali ke Bumi. Meski demikian, para astronom menegaskan bahwa jatuhnya sampah antariksa sepanjang dua meter itu, tak akan menyebabkan bencana.

Pendapat itu diungkapkan karena ketika akan masuk ke Bumi, WTF1190F diperkirakan akan terbakar atmosfer, sebelum akhirnya mendarat di kawasan Samudera Hindia.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section