1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Mantan Jaksa Agung Era BJ Habibie, Andi M Ghalib, Tutup Usia

Andi Ghalib merupakan Jaksa Agung yang membawa mantan presiden Soeharto ke peradilan.

By Dwifantya Aquina 9 Mei 2016 11:30
Mantan Jaksa Agung, Andi Muhammad Ghalib tutup usia (cap.anu.edu.au)

Money.id - Mantan Jaksa Agung di era Presiden BJ Habibie, Andi Muhammad Ghalib meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Medistra, Pancoran, Jakarta Selatan (Jaksel), pagi ini, Senin 9 Mei 2016, pada pukul 06.00 WIB.

"Innalillahi wa Inna ilaihi rajiun, telah meninggal Anggota Fraksi PPP DPR RI, Bapak Letjen TNI (Purn) H Andi Muhammad Ghalib, SH, MH jam 06.00 WIB," tulis Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy, di akun Facebook-nya.

Romy--sapaan akrab Romahurmuziy-- mengatakan, atas nama keluarga besar PPP, pihaknya mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Sekaligus mendoakan agar almarhum diampuni segala dosanya, diterima segala amalnya, diringankan timbangannya, dan ditempatkan di surgaNnya.

"Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya untuk almarhum," kata dia.

Bagi Romy, almarhum Andi M Ghalib adalah sosok yang berhasil bermetamorfosa dari anggota TNI menjadi kader PPP sejati.

"Mulai sakit hingga akhir hayatnya setahun terakhir, almarhum tetap memegang disiplin, teguh pendirian, mendukung penuh kemandirian generasi muda partai, dan dedikatif atas seluruh penugasannya. Selamat jalan Puang Andi, antum husnul khotimah," kata Romy.

Putra almarhum Andi Ghalib, Andi Azhar mengatakan ayahnya meninggal karena terkena serangan jantung. Andi menambahkan sebenarnya ayahnya sudah mengalami sakit sejak setahun terakhir. Salah satunya karena prostat.

"Ya ada juga prostat. Tapi meninggalnya karena serangan jantung," kata dia.

Jenazah disemayamkan di rumah duka di Jl Ceger Raya-TMII No 99 Jakarta Timur.‎ Rencananya, Andi Ghalib akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, sore ini pukul 16.00.

Almarhum Andi M Ghalib dilahirkan di Bone, Sulawesi Selatan, pada 3 Juni 1946. Selain berdinas di TNI, almarhum pernah menjabat sebagai Jaksa Agung di era Presiden BJ Habibie pada 1998-1999. Lalu bertugas beberapa kali sebagai duta besar RI untuk India. Terakhir, almarhum adalah anggota DPR Fraksi PPP pada periode 2014-2019.‎

Nama Andi M Ghalib melesat ketika ditunjuk Presiden BJ Habibie untuk menggantikan Soedjono C. Atmonegoro. Andi Ghalib memegang jabatan Jaksa Agung, saat ketegangan politik meningkat paska mantan Presiden Soeharto lengser dari jabatan tertingginya, dan tuntutan reformasi sehubungan dengan penyidikan berbagai kasus korupsi termasuk kasus mantan Presiden Soeharto. Puncaknya adalah tersebarnya rekaman pembicaraan telepon Jaksa Agung Andi Ghalib dengan Presiden Habibie yang membicarakan tentang proses hukum terhadap mantan Presiden Soeharto.

Saat ia sedang menangani penyelesaian berbagai macam kasus korupsi, Teten Masduki dari ICW membongkar rekening pribadinya yang menunjukkan bahwa Andi M Ghalib telah menerima suap dari dua orang penyumbang untuk kegiatan olah raga melalui rekening bersama Andi Muhammad Ghalib sebagai Ketua Umum dan sdr Thahir sebagai bendahara Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI). PUSPOM TNI memeriksa kasus tersebut dan menyatakan sumbangan tersebut benar untuk PGSI yang disalurkan melalui rekening personal.

 

Baca Juga

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section