1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Deretan Mobil Mewah Para Koruptor Seharga Miliaran Rupiah

Mobil-mobil harga selangit itu disita KPK, diduga hasil gratifikasi.

By Dwifantya Aquina 2 Mei 2016 17:45
Mobil Ahmad Fathanah yang disita KPK (Merdeka.com)

Money.id - Korupsi tidak jauh dari praktik memperkaya diri sendiri. Sayangnya, praktik ini berulang kali dilakukan oleh pejabat pemerintahan.

Tak sedikit pula harta dan aset mewah hasil korupsi para pejabat negara yang disita oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Baru-baru ini KPK menyita lima mobil mewah milik Bupati Subang Ojang Sohandi terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan gratifikasi.
Ojang bersama mantan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Subang Jajang Abdul Kholik dan istri Jajang, Lenih Marliani diduga menyuap jaksa agar meringankan tuntutan terhadap Jajang selaku terdakwa tindak pidana korupsi BPJS Subang 2014 dan mengamankan agar Ojang tidak tersangkut kasus tersebut.

"Karena dia (Ojang) kena pasal gratifikasi, maka akan kami verifikasi perolehan kendaraan-kendaraan tersebut," ujar Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lima mobil mewah Bupati Ojang yang disita KPK antara lain Toyota Camry, Toyota Velfire, dua mobil Wrangler warna oranye dan satu Rubicon warna merah. KPK juga menyita motor ATV (All Terrain Vehicle) bewarna biru dan motor Trail 500 cc bewarna putih dan biru.

KPK menyita Jeep Wrangler oranye bernomor polisi D 50 KR, mobil Jeep Wrangler merah dengan nomor polisi B 1100 SJM. Harga per unit Jeep Wrangler tersebut bisa mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Selain itu, terdapat juga dua unit Toyota Velfire hitam bernomor polisi T 1978. Selanjutnya dua unit kendaraan jenis All Terain Vehicle (ATV) seharga sekitar Rp30-40 juta.

Hingga saat ini KPK telah menyita puluhan kendaraan-kendaraan mewah hasil korupsi para koruptor yang telah lebih dahulu ditangkap komisi anti rasuah tersebut dalam sejumlah kasus yang berbeda. Beberapa diantaranya telah dilelang.

Beberapa merk mobil mewah yang telah menjadi 'koleksi' KPK antara lain Mercedes Benz, Toyota Camry, Ferrari, Lamborghini, Toyota Vellfire dan lain-lainnya.

Sebelum mobil mewah Bupati Ojang, pada kasus korupsi daging sapi yang melibatkan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera, KPK juga 'panen' mobil mewah.

Kala itu, KPK telah menyita empat mobil mewah milik Ahmad Fathanah. Keempat mobil itu ditaksir mencapai Rp4,3 miliar. Mobil-mobil yang disita penyidik KPK adalah mobil Toyota jenis FJ Cruiser warna hitam dengan nomor polisi B 1330 SZZ, mobil Toyota Alphard warna putih bernomor polisi B 53 FTI.

Kemudian mobil Toyota jenis Land Cruiser Prado TX warna hitam dengan nomor polisi B 1739 WFN, dan mobil Mercy C 200 warna hitam bernomor polisi B 8749 BS.

Adapun mobil mewah ini memiliki kelebihan masing masing sekaligus memiliki harga tinggi. Sehingga jika disita dan terbukti hasil korupsi bisa menjadi tambahan kas negara.

Baca Juga

 

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section