1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Gunung Bromo Erupsi, Bandara Abdul Rachman Saleh Malang Ditutup

Penutupan dilakukan mulai Senin (11/7) pukul 11.00 WIB hingga Selasa (12/7) pukul 09.00 WIB.

By Arry Anggadha 11 Juli 2016 16:37
Erupsi Gunung Bromo (Dok: BNPB)

Money.id - Aktivitas Gunung Bromo terus menunjukkan peningkatannya. Erupsi ini pun memaksa pihak otoritas Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, menutup semua aktivitas penerbangan.

Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan, status Gunung Bromo saat ini berada pada level waspada. Asap kawah teramati berkisar 300-1200 meter dari puncak kawah ke arah Barat-Barat daya.

"Erupsi Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur yang membawa abu vulkanik ke arah Barat-Barat Daya menyebabkan Bandara Abdul Rachman Saleh ditutup," kata Sutopo dalam keterangannya, Senin (11/7/2016).

Penutupan dilakukan mulai Senin (11/7) pukul 11.00 WIB hingga Selasa (12/7) pukul 09.00 WIB. "Hujan abu vulkanik tipis di sekitar bandara menyebabkan pihak otoritas bandara menutup semua aktivitas penerbangan hingga besok hari," jelas Sutopo.

Akibat erupsi ini, BNPB mengimbau kepada masyarakat tidak memasuki kawasan Gunung Bromo dalam radius 1 kilometer. "Gunung Bromo tetap aman untuk wisata asal tidak melakukan aktivitas dalam radius 1 km," kata Sutopo.

"Masyarakat diimbau tenang. Tidak perlu ada pengungsian. Pihak otoritas bandara akan terus berkoordinasi dengan PVMBG dan BMKG mengenai buka tutupnya bandara," tutupnya.

Baca Juga:

(aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section