1. HOME
  2. NEWS
PERISTIWA

Gempa Besar Diramalkan Guncang AS

Tak tanggung-tanggung, ramalan dikeluarkan ilmuwan dari NASA

By Syahid 26 Oktober 2015 13:05
salah satu gempa yang menyerang Alaska di tahun 1964 (washingtonpost.com)

Money.id - Ramalan mengerikan dikeluarkan para ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Diperkirakan salah satu kota hiburan Negeri Paman Sam bakal dilanda gempa besar pada April 2018.

Ilmuwan dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NAsa menyebutkan 99,9 persen gempa bumi bakal menyerang Los Angeles pada bulan tersebut. Kekuatan gempa ditaksir mencapai 5 skala richter (SR).

Sebuah laporan bahkan menyebut kemungkinan besar gempa yang terjadi bakal melebihi skala tersebut.

Andrea Donnella dan lima ilmuwan lain sampai pada kesimpulan tersebut setelah memantau menggunakan radar dan perangkat GPS. Kedua perangkat ini menangkat adanya potensi gempa di wilayah utara California.

Tim kemudian meneliti gempa berskala 5,1 SR yang pernah menyerang La Habra, California pada 2014. Dari data tersebut, tim menduga ada kemungkinan gempa terjadi lagi di radius 100 kilometer dari lokasi gempa tersebut.

Dipublikasikan dalam jurnal Earth and Space Science, hasil studi ini langsung memicu perdebatan dari US Geological Survey, BMKG-nya Negeri Paman Sam.

"Studi ini mengklaim 99,9 persen kemungkinan gempa berskala 5 SR atau lebih besar akan terjadi dalam tiga tahun ke depan di utara California tanpa mendeskripsikan secara jelas bagaimana angka itu bisa muncul," ujar USGS dalam keterangannya seperti dikutip dari lamanĀ www.theweathernetwork.com.

Meski tak membantah, model USGS mengindikasikan terjadinya gempa dengan menurunkan tingkat kemungkinannya menjadi 85 persen.

(s/s)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section