1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Ini 10 Bandara Terburuk di Dunia

Bandara-bandara ini dinilai tidak bisa memberikan kenyamanan dan fasilitas yang cukup bagi penumpang pesawat.

By Dian Ardiahanni 26 Oktober 2015 07:02
Ilustrasi bandar udara (Pixabay)

Money.id - Dengan pesawat, manusia di Bumi ini bisa bepergian ke negara-negara dengan mudahnya. Di sinilah peran bandar udara atau bandara menjadi wajah sebuah negara.

Situs  The Guide to Sleeping in Airports kemudian menggelar survei untuk mengetahui, bandara mana saja yang dinilai paling buruk. Meski nama situsnya begitu, penilaiannya tak cuma berkaitan dengan bandara yang layak untuk tidur loh.

Koresponden diminta untuk menilai fasilitas dalam empat kategori yakni, kenyamanan, kemudahan, kebersihan, dan layanan pelanggan. Lewat survei itu, didapati 26.297 tanggapan untuk penerbangan terburuk dan terbaik di dunia.

Seperti diberitakan CNN, 25 Oktober 2015, berikut sepuluh bandara terburuk di dunia itu:

1. Bandara Internasional Hartcourt di Nigeria

Responden mengeluhkan perilaku staf bandara yang tidak menyenangkan dan kurang membantu para pengunjung. Selain itu, bandara ini juga dinilai kurang fasilitas kursi dan pendingin udara yang rusak. Fakta lain yang mengejutkan adalah ruang kedatangan berada di dalam tenda.

2. Bandara Internasional Jeddah King Abdulaziz di Arab Saudi

"Mulai dari bau rokok tercium di ruang bebas rokok, hingga aroma kamar mandi yang terbawa ke area lounge," ungkap salah seorang responden. Tetapi kabar baiknya, bandara Jeddah yang baru akan dibuka pada pertengahan tahun 2016.

3. Bandara Internasional Tribhuvan di Kathmandu, Nepal

Gempa bumi yang menimpa Nepal pada April 2015 ini, telah merusak area landasan pesawat. Selain itu, koresponden juga menggarisbawahi kurangnya pengalaman para staf di bandara, khususnya di terminal domestik.

4. Bandara Internasional Tashkent di Uzbekistan

Antrean panjang dan padatnya penumpang pesawat membuat bandara ini 'menawarkan' pengalaman frustasi tersendiri. Menurut seorang responden, antrean itu terjadi karena kurangnya pengendalian massa dari para kru bandara.

5. Bandara Internasional Simón Bolívar di Caracas, Venezuela

Selaras dengan pernyataan responden, bandara ini dinilai kacau, tidak nyaman, dan membosankan. Bahkan fasilitas seperti kursi pun nihil, kamar mandinya kotor, serta kualitas makanan yang rendah.

Selain ke lima bandara itu, menurut situs The Guide to Sleeping in Airports, di posisi keenam ditempati oleh Bandara Internasional Toussaint Loverture di Port au Prince, Haiti. Selanjutnya adalah Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan dan Bandara Internasional Tan Son Nhat di Ho Chi Minh, Vietnam.

Di posisi ke-9 ditempati Bandara Internasional Benazir Bhutto di Islamabad, Pakistan. Sedangkan Bandara Internasional Beauvais Tille di Paris dinobatkan sebagai bandara terburuk ke-10.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

(im/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section