1. HOME
  2. NEWS
BUMN

Saran Erick Thohir untuk Telkom

Menurut Erick, BUMN ini lebih baik tidak ada.

By Ismoko 26 Februari 2020 12:27
Erick Thohir

Menteri BUMN, Erick Thohir, sempat menyentil PT Telkom Tbk (Persero) pada Jumat 21 Februari 2020. Menteri yang juga pengusaha ini menyindir Telkom agar bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk bisnis baru. Misalnya, database dan cloud.

" Telkom seharusnya mampu memanfaatkan infrastruktur telekomunikasi yang dimiliki untuk mengembangkan bisnis baru, seperti data dan cloud yang saat ini di Indonesia masih saja dikuasai asing," kata dia.

Apalagi, kata Erick, kontribusi Telkom sebagian besar bersumber dari anak usahanya. Tapi, setoran dividen yang besar ini tidak bisa ditransmisikan langsung kepada pemegang saham karena harus melewati Telkom.

" Misal kalian pemegang saham Telkomsel anggap setoran dividen Rp10 triliun. Sebagai pemegang saham dapat dividen Rp10 triliun atau lebih rendah," kata dia.

Erick juga menjelaskan deviden Telkomsel yang merupakan anak usaha Telkom yang disetor tidak akan mencapai Rp 10 triliun. Hal ini dikarenakan dividen yang masuk tidak langsung ke pemilik saham tetapi melalui Telkom, jadi Rp 3 triliun.

" Seharusnya Telkom menyetorkan dividen Rp5 triliun. Tentu hal itu membuat pemegang saham lebih senang karena menerima dividen lebih besar," kata Erick.

Dengan begitu bisnis bisa lebih bagus. Hal ini menguntungkan kedua belah pihak baik perusahaan maupun pemegang saham.

" Kalau gaya saya ke BNI, Telkom bukan menjatuhkan, tapi respons dengan hasil mereka. Ya, kami tunggu. Kalau nggak mau, ya, dikasih komut (komisaris utama) yang bagus dan galak," kata dia. (Sumber: Arie Dwi Budiawati/Dream.co.id)

(i)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section