1. HOME
  2. NEWS
CHINA

Cegah Corona, Uang Kertas Diberi Sinar UV Sebelum Beredar

World Health Organization (WHO) belum mengetahui berapa lama virus corona bisa bertahan hidup di permukaan dan benda, termasuk uang.

By Ismoko 20 Februari 2020 10:22
Ilustrasi

Money.id - Wabah virus corona membuat Bank Sentral Tiongkok melakukan tindakan apapun untuk mencegah penyebarannya. Sebagai otoritas pengendali keuangan tertinggi, The People's Bank of China (PBOC) memutuskan membersihkan uang yang beredar.

Mengutip laman Quartz, Selasa 18 Februari 2020, PBOC benaar-benar membersihkan uang yuan dengan mencucinya dalam air. Hal ini berdasarkan pada studi bahwa selembar uang bisa menjadi “ rumah” 397 bakteri. Kalau ada orang flu dan memegang uang, virus ini bisa bertahan hingga 12 hari.

World Health Organization (WHO) belum mengetahui berapa lama virus corona bisa bertahan hidup di permukaan dan benda, termasuk uang. Untuk informasi awal, virus ini bisa bertahan hingga beberapa jam. Tapi, juga bisa dibunuh dengan cairan disinfektan.

Langkah ekstrem dilakukan PBOC yaitu dengan menyinari uang menggunakan sinar ultraviolet atau suhu tinggi. Kemudian, uang tunai akan ditutup selama 1-2 minggu dan baru didistribusikan kepada masyarakat.

Sekadar informasi, sampai hari ini telah ada lebih dari 70 ribu kasus warga di seluruh dunia yang terkonfirmasi terpapar virus corona. Kematian yang dikonfirmasi akibat virus corona mencapai 1.527 kasus. (Sumber: Arie Dwi Budiawati/Dream.co.id)

(i)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section