1. HOME
  2. NEWS
TOKOH WAFAT

Perjuangan BJ Habibie Turunkan Dolar Saat Krismon

Di masa genting tersebut, Habibie harus menghadapi ekonomi yang terpuruk.

By Ismoko 12 September 2019 14:29
BJ Habibie

Money.id - BJ Habibie menjadi sosok sentra saat Indonesia tengah menghadapi keterpurukan ekonomi. Di terjang krisis moneter, BJ Habibie harus melanjutkan estafer kepemimpinan setelah presiden Soeharto mundur usai desakan dari aktivis reformasi.

Di masa genting tersebut, Habibie harus menghadapi ekonomi yang terpuruk. Dollar AS yang biasanya diperjualbelikan di harga Rp2000, meroket hingga Rp15 ribu. Pukulan berat bagi pengusaha yang berimbas berat pada masyarakat.

Pelan namun pasti, BJ Habibie yang tampil sebagai presiden ketiga Indonesia membereskan satu per satu carut marut ekonomi. Termasuk kemampuannya bersama kabinet yang berhasil menjinakkan dollar AS>

Dikutip dari Merdeka.com, Kamis 12 September 2019, pada tahun 1998, nilai tukar Rupiah tercatat nyaris menyentuh Rp15 ribu per dolar AS. Pada Januari 1998, Rupiah sempat menyentuh Rp14.800 per US$1, dan paling parah pernah terjadi pada Juni 1998, di mana US$1 senilai Rp16.800.

Namun, nilai tukar Rupiah pada era tersebut mampu dikendalikan Presiden BJHabibie. Dia berhasil menekan Rupiah dari belasan ribu hingga berada di bawah Rp7 ribu jelang akhir masa pemerintahannya.

(i)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section