1. HOME
  2. DIGITAL
CHINA

Di Negara Ini Berburu Pokemon Go Hukumnya Haram!

Pemerintah China kabarnya khawatir Pokemon Go dapat mengancam sistem keamanan mereka

By Adhi 19 Juli 2016 17:55
Ilustrasi berburu Pokemon Go (Ibtimes.com)

Money.id - Siapa yang dapat menolak godaan serunya bermain Pokemon Go. Ya, game berteknologi Augmented Reality (AR) ini sukses membuat banyak pengguna smartphone di berbagai penjuru dunia keranjingan.

Namun, kegembiraan bermain Pokemon Go ternyata tidak dapat dirasakan oleh masyarakat China. Sebab, menurut yang dilansir laman Ubergizmo, Selasa 19 Juli 2016, pihak otoritas China melarang warganya untuk bermain Pokemon Go. Kenapa?

Pemerintah China kabarnya khawatir Pokemon Go dapat mengancam sistem keamanan mereka yang memang terkenal ketat. Mereka takut Pokemon Go dijadikan alat oleh pihak Amerika Serikat untuk mengetahui di mana letak pangkalan militer China.

Sejumlah pihak di China bahkan berspekulasi bahwa Pokemon Go hanyalah akal-akalan Jepang dan Amerika Serikat untuk mengetahui rahasia suatu negara.

Berbeda dengan China, pemerintah Indonesia sendiri tidak terlalu mempermasalahkan tren keranjingan Pokemon Go. Wakil Presiden Jusuf Kalla bahkan mendukung kalangan anak-anak dan remaja untuk bermain game besutan Niantic Labs tersebut.

Namun begitu, beliau mengingatkan bahwa sebuah game selalu memiliki sisi positif dan negatif.

Dari sisi positif, game Pokemon Go mendorong anak-anak untuk lebih aktif bermain di luar ruangan. Sementara sisi negatifnya, kata dia, game ini harus dimainkan secara bijaksana, ada risiko anak-anak akan mengabaikan waktu belajarnya.

"Ada bagusnya. Kalau selama ini, anak-anak main gadget di kamar, sekarang di alam terbuka, lebih sehat," tutur JK seperti dikutip dari Merdeka. (dwq)

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Digital Section