1. HOME
  2. NEWS
GUNUNG MELETUS

6.000 Calon Penumpang Menumpuk di Bandara Ngurah Rai

692 penerbangan dibatalkan hingga Kamis besok.

By Dwifantya Aquina 4 November 2015 12:54
Bandara Ngurah Rai Bali (Wordpress)

Money.id - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup secara resmi hingga Kamis 5 November 2015. Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Yusfandri Gona menyebut bahwa ada 498 penerbangan yang dibatalkan hari ini, Rabu 4 November 2015, dari total 692 penerbangan yang dibatalkan selama tiga hari.

"Secara total, penerbangan yang dibatalkan selama tiga hari adalah 189 keberangkatan domestik, 183 kedatangan domestik, 163 keberangkatan internasional, dan 157 kedatangan internasional," kata dia.

Penumpukan calon penumpang juga sudah terjadi sejak kemarin di bandara. Setidaknya 6.000 calon penumpang terlantar di terminal keberangkatan hingga esok hari.

"Calon penumpang untuk rute internasional mencapai 4.000 penumpang, sementara sisanya adalah calon penumpang domestik," kata Co General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita.

Erupsi anak Gunung Rinjani, Gunung Barujari di Nusa Tenggara Barat mencapai ketinggian 12 ribu kaki menuju arah barat. Hal ini, kata Yusfandri menyebabkan wilayah Bali, Banyuwangi, dan Nusa Tenggara Barat tertutup debu vulkanik.

AirAsia, salah satu maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Ngurah Rai menyampaikan informasi pembatalan penerbangan kepada penumpang. Ada lima rute domestik, yaitu Denpasar-Jakarta, Denpasar-Solo, Denpasar-Bandung, Denpasar-Surabaya, dan Denpasar-Yogyakarta.

Maskapai berbiaya murah berbasis di Malaysia ini juga membatalkan enam rute internasional dari Bali, yaitu Denpasar-Kuala Lumpur, Denpasar-Singapura, Denpasar-Perth, Denpasar-Darwin, Denpasar-Melbourne, dan Denpasar-Bangkok. Melalui pernyataan tertulis, AirAsia akan selalu menginformasikan status penerbangan terkini kepada pelanggan yang terkena dampak erupsi anak Gunung Rinjani melalui surat elektronik (email) terdaftar dan pesan singkat (SMS).

Bandara Ngurah Rai ditutup sejak Selasa malam pukul 19.30-23.30 WITA berdasarkan Notice to Airmen (Notam) A2468. Penutupan bandara diperpanjang dengan dikeluarkannya Notam A2470 hingga Kamis pagi. Ribuan penumpang, khususnya rute internasional menumpuk di kafe-kafe di lingkungan bandara, sebagian memilih beristirahat lesehan di beberapa titik, juga menunggu informasi di pusat informasi.

Suka Informasi Ini? KlikĀ Like Ini

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section