1. HOME
  2. NEWS
LOGO

Rahasia Logo Unilever, Tercipta dari 24 Unsur

Pernah melihat logo Unilever? Dari jauh seperti batik, padahal...

By Putri Nabilla 3 November 2015 16:03
Logo Unilever (industryandbusiness.ie)

Money.id - Kebanyakan dari kita pasti pernah menggunakan produk Unilever. Bayangkan, lebih dari 2 miliar konsumen di seluruh dunia menggunakan produksi dari Unilever.

Unilever adalah perusahaan multinasional yang memproduksi barang berupa susu, makanan, minuman, pembersih produk rumah tangga, dan produk kosmetik. Bermarkas di Rotterdam, Belanda perusahaan ini didirikan pada 1930 oleh penggabungan British Soapmaker Lever Brothers dan Belanda Margarin Unie.

Kakak beradik William Herkets dan James Lever merupakan dua bersaudara yang mulanya terinspirasi membuat sabun. Lalu mereka menambahkan Gliserin dan minyak tanaman untuk menciptakan produk baru yang berorientasi membantu kaum wanita penampilannya. Lalu perusahaan itu berkembang menciptakan sabun, usaha produksi mentega serta pada 1922 mengakuisisi Walls sebagai bagian perusahaan Unilever.

Banyak yang tidak tahu, Unilever Indonesia didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever. Pada 22 Juli 1980 nama perusahaan diubah menjadi PT Lever Brothers Indonesia kemudian pada 30 Juni 1997, berubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk.

Unilever memiliki logo yang sederhana, tetapi jika Anda perhatikan, banyak unsur yang terkandung di dalam logo tersebut dan semua unsur membentuk huruf ā€˜Uā€™ jika dari kejauhan Anda akan melihatnya seperti batik.

Dalam logo Unilever terdiri dari berbagai unsur diantaranya mangkuk, tetesan atau air, hati, bibir, matahari, tangan, bunga, tumbuhan, wadah penyimpan, partikel, es krim, lebah, rambut, saus atau selai, ikan, pakaian, daun teh, kilauan seperti cahaya, pohon palem, DNA, sendok, ombak, daur ulang, hingga burung.

Unsur-unsur di atas memiliki berbagai macam arti. Mangkuk yang berarti makanan siap saji atau minuman panas, hati yang merupakan simbol cinta berarti perhatian atau perawatan kesehatan, bibir yang menjadi simbol bagian dari wajah dan terkait dengan dunia kecantikan, penampilan yang memiliki citarasa. Kemudian ada tangan yang mempunyai arti kebutuhan atau sentuhan pemeliharaan. Matahari yang menjadi simbol utama sebagai konsep dasar brand Unilever.

Bunga yang melambangkan harum atau wewangian, tumbuhan yang melambangkan sumber alami. Pakaian melambangkan cucian yang bersih dan penampilan yang menarik. Rambut yang berarti kecantikan penampilan. Bumbu dapur melambangkan rasa penambah rasa. Simbol sendok mengartikan citarasa dalam memasak, ombak yang berarti kesegaran dan tenaga. Daur ulang yang merupakan komitmen Unilever dalam menjaga kelangsungan hidup lingkungan. Dan burung yang berarti kebebasan.

Perusahaan konglomerat Unilever Indonesia berorientasi sebagai produk yang sukses melebarkan sayapnya sebagai penghasil produk makanan minuman, kecantikan, kesehatan, pembersih rumah tangga. Dikemas melalui logo ā€˜Uā€™ yang mewakili Unilever dengan berbagai simbol yang merepresentasikan produk-produknya. (dwq)

(da/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section