1. HOME
  2. NEWS
LOGO

Kontroversi Hello Kitty, Kucing atau Bocah Perempuan?

Sanrio angkat suara dan menjelaskan kontroversi ini. Hello Kitty ternyata adalah...

By Ita Malau 3 November 2015 16:27
Hello Kitty menjadi pujaan banyak anak perempuan di seluruh penjuru dunia (Sanrio.com)

Money.id - Hello Kitty merupakan salah satu merek dagang asal Jepang yang kesohor hingga penjuru dunia. Merek dagang milik Sanrio itu juga berwujud karakter mirip kucing berwarna putih bisa dengan mudah ditemui dalam bentuk peralatan sekolah, makan, komputer, hingga boneka bagi anak perempuan.

Di Jepang, penggemar berat dan kolektor Hello Kitty disebut Kitty-ra. Pada tahun 2004, barang-barang Hello Kitty menembus pasar lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Wow!

Namun, seorang antropolog sekaligus peneliti bernama Christine R Yano membalikkan 'kepercayaan' jutaan anak perempuan dan penggemar Hello Kitty di seluruh dunia selama 40 tahun lebih. Yano menyebut bahwa Hello Kitty bukanlah seekor kucing. Iya, Hello Kitty bukan seekor kucing, melainkan gadis cilik biasa.

Penulis buku Pink Globalization: Hello Kitty's Trek Across the Pacific itu mengatakan," Hello Kitty adalah karakter kartun. Dia gadis cilik. Dia adalah teman. Tapi, dia bukan seekor kucing," kata Yano, seperti dikutip dari laman Huffington Post. Yano mengaku tahu fakta itu dari pihak Sanrio sendiri yang membocorkan kepadanya.

Nama asli Hello Kitty adalah Kitty White. Bocah cilik berbintang Scorpio itu bahkan tidak datang dari Jepang. Dia dan keluarganya tinggal di luar London, Inggris.

Yano melanjutkan bahwa Hello Kitty duduk di bangku kelas 3 dan memiliki saudari kembar bernama Mimmy White. Untuk membedakan kembaran ini, Anda tinggal melihat letak pita. Hello Kitty memiliki pita di sebelah kanan (kuping sebelah kiri).

Untuk meyakinkan Hello Kitty bukan seekor kucing, Yano menyebut bahwa tokoh karakter ini memelihara seekor kucing bernama Charmmy Kitty. "Kitty White menyukai apple pie," imbuhnya.

Foto: www.flickeringmyth.com

Dikutip dari laman RocketNews24, perwakilan Sanrio angkat suara dan menjelaskan apa sebetulnya Hello Kitty. "Kami tidak pernah menyebut dia (Hello Kitty) sebagai manusia atau kucing."

Artinya, Hello Kitty bukanlah kucing seperti dalam kehidupan nyata. "Terlalu jauh jika menyebut Hello Kitty bukan kucing. Dia merupakan personifikasi dari seekor kucing." Kata spesifik yang digunakan juru bicara Sanrio untuk menggambarkan Hello Kittty adalah "gijinka," yang berarti personifikasi.

Yah, apapun dia, Hello Kitty tetap menjadi pujaan banyak anak perempuan, bahkan orang dewasa. Termasuk Anda?

Suka Informasi Ini? Kli Like Ini

Baca Juga

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section