1. HOME
  2. NEWS
BALI

Alasan Kemenhub Tutup Bandara Ngurah Rai dan Selaparang

Ada peningkatan aktivitas tremor dan semburan vulkanik dari gunung Rinjani.

By Dwifantya Aquina 4 November 2015 11:28
Bandara Ngurah Rai Bali (Wordpress)

Money.id - Kementerian Perhubungan memiliki pertimbangan yang matang sebelum menutup dua bandara internasional yakni, Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali dan Bandara Selaparang, Lombok, NTB. Penyebab utamanya karena erupsi anak gunung Rinjani yang mengakibatkan sebaran abu vulkanik menutupi landasan penerbangan.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo pada Rabu 4 November 2015, mengatakan sedikitnya terdapat lima pertimbangan.

Pertama, kemenhub melihat berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang kondisi cuaca dan arah angin dalam periode 24 jam ke depan tidak ada perubahan yaitu dari timur mengarah ke barat atau tenggara (East to West atau to SW).

Kedua, citra satelit BMKG dan VAAC, yang tidak memungkinkan adanya kontinjensi route. Kemudian selanjutnya, berdasarkan laporan Pilot Lion Air dan Garuda Indonesia pagi ini dari LOP terdapat jejak vulkanik mengarah ke barat.

"Temuan di beberapa kawasan di sekitar bandara terindikasi debu vulkanik dengan konten sangat tipis juga menjadi pertimbangan," katanya.

Sementara, kelima, menurut laporan PVMBG Lombok ada peningkatan aktivitas tremor dan semburan vulkanik Rinjani mengarah ke barat dan tenggara. Maka penutupan bandara diperpanjang hingga 24 jam ke depan sampai dengan 5 November 2015 pukul 8.45 Wita.

Di Terminal Domestik, pemberitahuan penutupan Bandara Ngurah Rai disampaikan melalui informasi tulisan berjalan. Petugas juga belum terlihat bersiaga seperti saat operasional Bandara Ngurah Rai dihentikan karena aktivitas Gunung Raung beberapa waktu lalu.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section