1. HOME
  2. FRESH
MONEY WEEKEND

Wisata ke Candi Prambanan Berujung Putus Cinta, Mitos atau Fakta?

Candi Prambanan adalah salah satu kompleks candi di Indonesia yanga ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991.

By Adhi 11 Maret 2016 17:45
Candi Prambanan (wikipedia.org)

Money.id - Siapa yang tidak tahu legenda Roro Jonggrang? Ya, kisah tersebut adalah legenda masyarakat Jawa Tengah yang menceritakan tentang hubungan percintaan 'bertepuk sebelah tangan'.

Cerita rakyat ini bermula dari Roro Jonggrang, putri kerajaan yang kecantikannya begitu mahsyur. Banyak pemuda yang berniat melamar sang putri, termasuk seorang pendekar sakti bernama Bandung Bondowoso.

Meskipun Bandung Bondowoso terkenal sakti dan kuat, namun Roro Jonggrang tidak menyukainya.

Roro Jonggrang pun meminta seribu candi yang harus dibuat dalam semalam sebagai syarat bila Bandung Bondowoso ingin meminangnya. Namun sayang, Bandung Bondowoso yang telah mengerahkan pasukan jin tidak bisa mewujudkan syarat tersebut.

Namun, rupanya Roro Jonggrang mengkhianati perjanjian tersebut, sehingga Bandung Bondowoso dan tentara jinnya hanya mampu membuat 999 candi.

Setelah tahu bahwa Roro Jonggrang berbuat curang, Bandung Bondowoso marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi ke seribu. Kumpulan candi ini dikenal dengan nama Candi Prambanan.

Berdasarkan kisah tersebut, maka muncul mitos yang menyebutkan bahwa jika ada pasangan yang mengunjungi candi Prambanan akan mengalami putus cinta.

Fakta Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu kompleks candi di Indonesia yanga ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 selain Candi Borobudur. Tidak sama dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, Candi Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindu.

Menurut yang dilansir laman resmi Wonderful Indonesia, sebenarnya hanya ada 240 candi di kompleks Candi Prambanan, bukan 1.000.

Dalam prasasti Siwaghra yang saat ini disimpan di Museum Nasional Indonesia, disebutkan bahwa Candi ini merupakan persembahan bagi Dewa Siwa yang dalam ajaran Hindu dikenal sebagai Dewa Penghancur.

Ada tiga candi utama di kompleks Candi Prambanan. Yang terbesar (47 meter) adalah candi Dewa Siwa, diapit oleh dua candi, yakni candi Dewa Wishnu dan candi Dewa Brahmana (keduanya setinggi 33 meter).

Lokasi dan harga tiket masuk Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di dua kabupaten dan dua provinsi, yakni Sleman, Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah.

Umumnya, wisatawan yang mengunjungi Candi Prambanan memilih untuk bertolak dari Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, Candi Prambanan hanya berjarak sekitar 18 km menuju ke arah Jalan Raya Solo.

Bagi wisatawan yang ingin menggunakan kendaraan umum, dapat memilih naik bus Trans Jogja 1A dari Jalan Malioboro, Yogyakarta dengan ongkos hanya Rp3.600 saja sekali jalan. Waktu tempuh yang diperlukan sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Untuk urusan harga tiket masuk Candi Prambanan, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko mematok harga Rp30.000 untuk WNI dewasa dan US$18 atau setara Rp237.000 untuk turis mancanegara. Sementara untuk anak-anak berusia 4-6 tahun (WNI), hanya Rp12.500. (poy)

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section