1. HOME
  2. V-MONEY
MONEY WEEKEND

Mengintip Wisata Legenda Malin Kundang

Di Pantai Air Manis terdapat batu-batu yang menyerupai Malin Kundang dan beberapa perlengkapan kapal.

By Febriyani 11 Maret 2016 11:50
WIsata legenda Malin Kundang (youtube.com/Top Media Indonesia)

Money.id - Jika Anda sedang jalan-jalan ke Sumatera Barat, sempatkan diri Anda untuk mampir ke sebuah pantai unik bernama Pantai Air Manis. Pantai ini terletak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Padang, Sumatera Barat.

Selain panorama yang indah, pantai ini memiliki daya tarik lain yang kerap membuat para wisatawan penasaran. Di Pantai Air Manis terdapat batu-batu yang menyerupai Malin Kundang dan beberapa perlengkapan kapal.

Karena itulah masyarakat Sumatera Barat dan para wisatawan yang datang sering mengaitkan pantai ini dengan legenda Malin Kundang. Malin Kundang adalah karakter dalam dongeng yang berubah menjadi batu bersama-sama dengan kapalnya setelah durhaka kepada sang ibu.

Berdasarkan cerita, Malin Kundang dikutuk menjadi batu oleh sang ibu karena menolak mengakui ibunya yang miskin, setelah berlayar ke daerah lain dan sukses menjadi saudagar kaya.

Hingga kini, batu Malin Kundang dapat dijumpai di Pantai Air Manis. Menariknya, masyarakat setempat mengatakan batu yang persis Malin Kundang itu terbentuk secara alami, bukan hasil rekayasa manusia. Keunikan dan misteri batu Malin Kundang inilah yang kemudian membuat Pantai Air Manis populer baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section