1. HOME
  2. FRESH
MONEY WEEKEND

Taman Ir H Djuanda, Wisata Alam dengan Aura Mistis

Gua Jepang dan Gua Belanda membuat tempat wisata ini menjadi memiliki aura misitis.

By Nur Chandra Laksana 11 Maret 2016 15:45
Pintu Masuk Taman H. Ir. Djuanda (jabarprov.go.id)

Money.id - Siapa sih yang tidak kenal dengan kota Bandung. Saking terkenalnya, hampir setiap akhir pekan Bandung selalu dipenuhi oleh para wisatawan dalam dan luar negeri.

Bandung menawarkan banyak hal untuk dinikmati oleh para pengunjungnya, misalnya wisata kuliner, wisata belanja, dan lainnya. Bandung memang sangat terkenal dengan kedua wisata tersebut.

Namun, Bandung juga menawarkan tempat wisata lainnya, salah satunya adalah kawasan hutan lindung taman Ir H Djuanda. Berlokasi di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, taman ini bisa dengan mudah diakses dari Jalan Dago.

Taman ini memiliki luas tanah sekitar 590 hektar, di man terdapat sekitar 2.500 jenis tanaman yang terdiri dari 40 familia dan 112 species. Untuk saat ini, pengelolaannya dilakukan oleh Dinas Kehutanan Pemda Provinsi Jawa Barat.

Di area taman Ir H Djuanda ini terdapat beberapa wahana, seperti flying fox dan wahana lainnya. Namun, di sini ada satu lokasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan, yakni Gua Belanda.

Saat wisatawan berada di tempat ini, mereka akan langsung merasakan aura mistis di sekitar mereka. Hal ini mungkin dirasa wajar, karena di dalam gua ini dulunya tempat untuk mengeksekusi mati para pribumi oleh tentara Belanda.

Namun, ada sebuah legenda yang sangat dipercaya dan dipegang erat oleh masyarakat di sekitaran tempat wisata ini. Mitos tersebut adalah para wisatawan dilarang untuk mengatakan kata ‘Lada’.

Konon katanya, kata tersebut dipercaya akan membangkitkan amarah arwah yang ada di wilayah gua tersebut. Sebab, para penduduk lokal percaya bahwa Lada adalah nama sesepuh para arwah gentayangan yang ada di sini.

Selain itu, di area taman Ir H Djuanda ini juga terdapat satu tempat mistis lagi, yakni Gua Jepang. Jika dibandingkan dengan Gua Belanda, menurut pemandu wisata setempat, Gua Jepang jauh lebih memiliki aura mistis.

Konon, di dalam gua ini sering terjadi kontak fisik dengan para makhluk halus. Menurut cerita-cerita, di Gua Jepang ini sering terdengar rintihan dan jeritan para arwah gentayangan.

Belum lagi tak sedikit jug aorang yang melihat penampakan arwah di lokasi tersebut, bahkan tak sedikit juga yang mengalami kesurupan.

Nah, jika Anda ingin mencoba merasakan aura mistis yang ada di Gua Belanda dan Gua Jepang atau sekadar ingin menikmati sejuknya alam di taman Ir H Djuanda, Anda hanya harus membayar Rp11 ribu saja untuk wisatawan dalam negeri, sedangkan wisatawan luar negeri dikenakan biaya sebesar Rp75 ribu. (poy)

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section