1. HOME
  2. FRESH
TIPS

Tips Melihat dan Memotret Gerhana Matahari Total

Jika ingin menikmati dan mengambil gambar gerhana matahari dengan aman dan nyaman, lakukan hal ini

By Nur Chandra Laksana 7 Maret 2016 19:27
Gerhana Matahari (lapan)

Money.id - Tanggal 9 Maret 2016 menjadi hari yang banyak ditunggu-tunggu oleh orang. Sebab, pada tanggal itu akan terjadi fenomena alam yang sangat langka, yakni gerhana matahari total.

Masyarakat Indonesia beruntung dapat langsung menikmati fenomena alam yang terjadi 33 tahun sekali ini. Gerhana akan melintasi tepat di atas wilayah Pelembang, Bangka Belitung, Sampit , Balikpapan Palu, Poso, Luwuk, Ternate, dan Halmahera.

Namun, bagi Anda yang tidak bisa pergi ke tempat tersebut, jangan khawatir karena di sebagian besar tempat di Indonesia juga masih kebagian gerhana matahari, walaupun hanya sebagian.

Nah, karena langkanya momen ini memang membuat banyak orang ingin mengabadikan momen tersebut. Namun, jika Anda berhadapan dengan matahari, ada beberapa peraturan yang harus dituruti agar tidak merusak mata.

Penasaran apa saja yang harus dilakukan untuk menikmati dan mengabadikan proses gerhana matahari tahun ini? Mari kita simak tips melihat dan memotret gerhana matahari total berikut ini.


Gunakan Pelindung Mata

Melihat matahari secara langsung adalah kegiatan yang sangat berbahaya karena dapat membuat mata mengalami kerusakan secara permanen. Hal ini disebabkan jika sinar UV yang sangat tinggimengenai mata mata telanjang bisa membuat retina mata terbakar.

Oleh karena itu, untuk melihat gerhana matahari secara aman, anda bisa memakai kacamata khusus. Untuk mendapatkan kacamata ini memang sangatlah mudah, apa lagi jika menjelang kejadian langka seperti ini.

Namun, jika anda ingin mencari tempat membeli kacamata gerhana matahari yang memang terjamin kualitasnya, anda bisa mendapatkannya di toko-toko besar di seluruh Indonesia. Salah satu contoh adalah Gramedia, yang menjual kacamata gerhana matahari dengan harga Rp35 ribu saja.


Gunakan Filter Lensa Khusus

Selain menggunakan kamera yang berkualitas tinggi, salah satu cara mendapatkan foto yang maksimal adalah dengan menggunakan sebuah Filter Lensa khusus untuk mengambil gambar matahari. Biasanya, filter yang dipakai adalah yang memiliki spesifikasi kekedapan ND5.

Guna filter ini bukan hanya untuk mendapatkan hasil gambar yang sempurna, namun juga melindungi lensa dan mata pemakai saat mengambil gambar gerhana matahari. Memang, saat gerhana matahari total terjadi, para pengamat bisa melepas kacamata pelindung mereka.

Namun perlu diingat, jika anda melihat gerhana matahari sebagian, anda tetap wajib mengenakan kacamata pelindung atau menggunakan filter lensa khusus untuk melindungi mata anda dari kerusakan.

Baca Juga

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section