1. HOME
  2. V-MONEY
MONEY WEEKEND

Candi Prambanan dan Misteri Roro Jonggrang

Berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya untuk menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa.

By Febriyani 11 Maret 2016 15:00
Candi Prambanan (youtube.com/geobeats)

Money.id - Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi Prambanan menjulang setinggi 47 meter. Berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya untuk menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa.

Candi Prambanan terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman indah. Di balik pembangunan Candi Prambanan, ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa.

Alkisah pria bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak suka, Roro Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1.000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang sudah membuat 999 arca, kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.

Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From V-Money Section