1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Changi dan Incheon Jadi Bandara dengan Servis Terbaik di Dunia

Indonesia turut meraih penghargaan sebagai bandara yang memperlihatkan perbaikan paling signifikan.

By Nur Chandra Laksana 10 Maret 2016 07:04
Ilustrasi Bandara (wikipedia.com)

Money.id - Pada belakangan ini, akhirnya industri penerbangan semakin menyadari kebutuhan untuk menjaga penumpang mereka tetap bahagia, baik di darat maupun di udara.

Berbagai cara dilakukan industri penerbangan, mulai dari bandara hingga maskapai, berlomba untuk membuat penumpang merasa bahagia dan puas dengan pelayanan mereka.

Dan pelaku industri penerbangan yang bisa memberikan yang terbaik kepada penumpang akan diganjar dengan Airport Service Quality Awards. Dilansir dari laman CNN, pada 2015 gelar bandara dengan kualitas pelayanan terbaik berhasil diraih oleh dua bandara besar di Asia yakni bandara Incheon di Korea Selatan dan Bandara Changi di Singapura.

Pada tahun ini, kedua bandara tersebut kembali bersaing ketat di tempat pertama sebagai di bandara terbaik untuk kategori bandara dengan lebih dari 40 juta penumpang per tahun.

Ini adalah penghargaan kesekian kalinya bagi kedua bandara tersebut yang menduduki peringkat pertama dan kedua di survei situs perjalanan Sleeping in Airport, sebuah situs tentang bandara terbaik di dunia Oktober lalu.

Bagi Bandara Changi, penghargaan ASQ Awards ini merupakan yang kelima kalinya yang diraih secara berturut-turut dalam lima tahun terakhir. Semua ini berkat pelayanan dan fasilitas yang membuat para penumpang betah berlama-lama di bandara.

Beberapa fasilitas yang menyenangkan di bandara ini termasuk dua bioskop gratis yang buka 24 jam yang memutar film-film box office terbaru.

ASQ Awards yang diselenggarakan oleh Airports Council International yang berbasis di Montreal, Kanada, diberikan berdasarkan survei tentang kepuasan pelanggan terhadap lebih dari 550.000 penumpang yang dilakukan tahun lalu di lebih dari 300 bandara di 80 negara di seluruh dunia.

Penumpang diminta pendapat mereka tentang 34 indikator utama tentang pelayanan bandara, termasuk akses bandara, check-in, keamanan, fasilitas bandara, makanan dan minuman, serta toko-toko bandara.

"Bandara telah berevolusi menjadi bisnis kompleks yang berfokus pada kepuasan pelanggan, yang dalam banyak kasus harus bersaing satu sama lain untuk meningkatkan lalu lintas penumpang," kata direktur umum ACI Worlds, Angela Gittens.

"Mulai dari layanan gratis dan restoran hingga kenyamanan, kebersihan, staf yang sopan, fasilitas, efisiensi dan sebagainya, penumpang mengharapkan terobosan besar dari bandara," jelas Angela.

Bandara Heatrow London meraih penghargaan Best Airports by Size and Region: Europe untuk kelas bandara besar dengan lebih dari 2 juta penumpang per tahun. Ini merupakan kategori baru di ASQ Awards 2015.

Indianapolis menjadi bandara terbaik untuk wilayah Amerika Utara, yang disusul oleh Grand Rapids, Michigan di posisi kedua.

Sementara lima bandara yang memenangkan penghargaan untuk kategori Most Improved Airport atau bandara yang memperlihatkan perbaikan paling signifikan adalah Nairobi, Afrika; Denpasar, Indonesia, Asia Pasifik; Istanbul, Turki, Eropa; Kingston, Jamaika, Amerika Latin; Dammam, Arab Saudi, Tiimur Tengah; Saskatoon, Kanada, Amerika Utara.

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section