1. HOME
    2. FRESH
FRESH

Belasan Triliun, Keuntungan Penjualan Boneka Barbie

Sejak pertama kali diluncurkan oleh penciptanya, Ruth Handler, Barbie laris manis pasaran.

By Dian Rosalina 7 Mei 2016 08:42
Barbie (Instagram)

Money.id - Barbie adalah mainan pertama di dunia yang dipublikasikan oleh media, dan sebagian besar anak perempuan di seluruh dunia mengenal boneka fenomenal tersebut. Tapi kira-kira berapa ya keuntungan dari penjualannya.

Boneka Barbie memulai debutnya di American Toy Fair di New York City pada 5 Maret 1959. Sejak pertama kali diluncurkan oleh penciptanya, Ruth Handler, Barbie laris manis pasaran. 

Pamor Barbie melejit di awal peluncurannya, hingga Handler bersama suaminya, Elliot mendirikan perusahaan bernama Mattel Creations. Mereka langsung memproduksi massal mainan tersebut. 

(Ruth dan Elliot/Instagram)

Penggambaran barbie yang memiliki kaki jenjang, rambut pirang itu ternyata menuai sukses besar. Sebanyak 300 ribu boneka Barbie terjual di tahun pertama, dan penjualan terus melonjak. 

Kemudian pada 11 Maret 1961, permintaan konsumen sangat besar untuk boneka Barbie, membuat Mattel harus menghadirkan karakter baru, yaitu Ken yang dikisahkan adalah kekasih Barbie. 

Dikutip laman Wonderpolis, Sabtu 7 Mei 2016, kini usia Barbie telah menginjak 57 tahun pada 2016 ini. Penjualan merchandise Barbie telah melampaui US$1 miliar atau sekitar Rp13,3 triliun per tahun pada 2009.

Sejak debutnya, lebih dari 800 juta boneka Barbie telah terjual di seluruh dunia. Diketahui sejak masuk pasaran, Barbie dijual dengan harga beragam, mulai dari Rp13 ribu, Rp40 ribu, dan saat ini harganya mencapai lebih dari Rp200 ribu. 

Next: Oh, ini rahasia desain barbie yang...

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section