1. HOME
    2. FOODILICIOUS
FOOD

Oasis Restoran, Langganan Presiden Indonesia dari Masa ke Masa

Bill Clinton dan Hillary Rodham Clinton hingga penyanyi Phil Collins pernah bersantap di restoran legendaris ini.

By Azalia Amadea 26 April 2016 16:40
Oasis Restoran, Jakarta (Money.id/ Azalia Amadea)

Money.id - Ingin menyantap hidangan dengan suasana kental akan budaya Indonesia? Coba berkunjung ke Oasis Restoran yang terletak di jalan Raden Saleh Raya nomer 47, Jakarta Pusat.

Restoran bergaya unik dan kuno ini sudah ada sejak 1968. Uniknya restoran ini berada dalam gedung kuno yang dulunya milik seorang miliarder Belanda bernama E. Brandengburg van Oltsende.

Keaslian arsitektur bangunan masih sangat dijaga dengan langit-langit tinggi yang terbuat dari kayu jati dan beralaskan lantai keramik hitam putih. Langit-langit restoran juga dihiasi dengan lampu kristal yang dibuat di Austria.

"Yang kami jual dari restoran ini selain tentu makanannya yaitu keunikan dari bangunan gedung kuno serta pajangan-pajangan seperti lukisan kuno juga patung dari seluruh Indonesia. Dapat dikatakan restoran ini berkonsep setengah museum", kata O'om Mucharam Endi general manager Restoran Oasis yang ditemui Money.id di Jakarta, Selasa 26 April 2016.

Nama Oasis diambil dari kata Oase yang berarti mata air disebuah padang pasir, dengan harapan restoran ini dapat menjadi sumber yang banyak dibutuhkan orang banyak.

Tirto Utomo dan Ganda Negara adalah pemilik dari restoran eksklusif bergaya antik tersebut. Pajangan seperti ukiran dan topeng yang berasal dari Kalimantan, Jawa, Papua, dan Bali merupakan koleksi pribadi Ganda.

Pada 2011 restoran ini pernah ditutup selama 2 bulan. Khusus untuk pengecekan kondisi gedung dan merenovasi beberapa sudut yang sudah dirasa kurang baik kondisinya seperti instalasi, atap dan koleksi pajangan-pajangan.

Restoran berkapasitas 150 orang tersebut memiliki 6 ruangan dengan nama yang berbeda-beda yaitu Topeng Bar, Kalimantan Room, Sumatran Room, Java Room, Raja Room dan Garden Teras.

Target utama restoran ini adalah turis asing yang ingin menikmati masakan khas Indonesia bergaya formal. Pengunjung restoran ini juga didominasi 80 persen turis asing asal Eropa, Jepang, Cina, dan Amerika serta 20 persen lainnya turis lokal.

Tamu-tamu penting dari pemerintahan luar negeri juga pernah bersantap ke restoran ini. Tamu istimewa tersebut seperti Bill Clinton dan istrinya Hillary Rodham Clinton, Pangeran Belanda H.R.H Prince Bernhard, King Juan Carlos dan Queen Sofia dari Spanyol, juga penyanyi Phil Collins.

Selain itu, mantan presiden mulai dari Soeharto, Megawati Sukarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah berkunjung ke restoran legendaris ini. Tentunya tak ketinggalan presiden Indonesia sekarang, Joko Widodo, juga pernah bersantap di Oasis Restoran.

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section