1. HOME
    2. FOODILICIOUS
FOOD

15 Kreasi Kembang Kol nan Lezat untuk Diet Anda

Kalori yang terkandung dalam kembang kol hanya sekitar 30 kalori per cangkir.

By Rizki Astuti 25 April 2016 07:00
Kembang Kol (organicauthority.com)

Money.id - Siapa tak kenal dengan Cauliflower atau lebih dikenal di Indonesia sebagai kembang kol. Sayuran berwarna putih ini ternyata memiliki sarat dengan nutrisi.

"Sayuran ini merupakan sumber utama serat, vitamin C, dan asam folat,"kata Sharon Palmer,R.D., penulis Plant-Powered for Life.

Kelebihan lainnya, seperti yang dilansir dalam Womenshealth Magz, kalori yang terkandung dalam kembang kol hanya sekitar 30 kalori per cangkir. Sehingga sangat bagus untuk menemani program penurunan berat badan Anda.

"Kembang kol menakjubkan karena bisa masuk ke hampir semua program diet di luar sana bebas gluten, rendah karbohidrat, Paleo dan rasanya juga netral, sehingga menyerap rasa apa pun yang dipasangkan dengannya," kata Kara Lydon, R.D.

Bahkan sejak 2014, pencarian di Pinterest tentang kembang kol naik hingga 40 persen. Dan berikut ini adalah sebagian hasil kreasi menyehatkan berbahan kembang kol untuk program diet Anda.

1. Buffalo Cauliflower

Resep ini bisa dipakai untuk menggantikan ayam goreng yang penuh lemak.

Goreng kembang kol dengan bumbu ayam goreng, tambahkan saus pedas dan parutan keju.

2. Cauliflower Breadsticks

Anda dapat membuat breadsticks rendah karbohidrat, dengan menghancurkan kembang kol dalam food processor sampai halus.
Campur dengan keju, bumbu, dan telur. Setelah itu sebar dalam loyang dan panggang hingga warna keemasan. Tambahkan keju dan bawang putih di atasnya sebagai topping.

3. Cauliflower Rice

Hancurkan kembang kol dalam food processor (atau menggunakan parutan) dan tumis selama lima menit dengan sedikit garam, merica, dan minyak zaitun.

Tekstur ringan dari kembang kol yang sudah dihancurkan ini sangat cocok untuk menggantikan pasta berbasis karbohidrat.

4. Cauliflower Pizza Crust

Pizza bahkan lebih enak ketika lapisannya tidak mengandung banyak karbohidrat dan kalori tapi lebih banyak serat.

"Kukus kembang kol yang sudah dicincang, dan kemudian masukkan bahan yang bisa mengikat seperti telur atau keju dan panggang sebelum menambahkan topping," kata Julie Harrington, R.D, penulis RDeliciousKitchen.com

5. Cauliflower Tater Tots

Masak kembang kol yang dicincang halus dengan menggunakan microwave, kemudian tambahkan panko, daun peterseli, parmesan dan telur sebelum memasukkannya ke dalam cetakan muffin.

"Serat ekstra dari kembang kol membuat Anda akan ketagihan makanan ringan ini," kata Harrington.

6. Cauliflower Mash

Kentang putih, yang memiliki rasa menakjubkan tetapi dapat menyebabkan gula darah Anda naik-turun, dikaitkan dengan berat badan. Tetapi dengan kembang kol, Anda mungkin tidak akan merindukan mereka lagi.

Rebus kembang kol dengan bawang putih sampai lunak, kemudian masukkan ke dalam food processor bersama mentega, garam dan merica, dan hancurkan sampai halus untuk dibuat mashed potato yang enak dan lebih menyehatkan.

Next : Cauliflower Fried Rice

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section