1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Catat, Ini Teknik Mencuci Buah dan Sayur yang Benar

Teknik yang benar saat mencuci buah dan sayur tanpa menggunakan cairan khusus.

By Azalia Amadea 15 Agustus 2016 09:10
Ilustrasi mencuci sayur (huffingtonpost.com)

Money.id - Mencuci sayuran dan buah-buahan penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel. Apalagi beberapa jenis buah dan sayur ada yang terkena cairan pestisida dan  jika masuk ke tubuh, tentu akan merusak kesehatan.

Sebenarnya tak perlu cairan khusus ketika membersihkan sayur atau buah. Melansir laman thehealthsite.com, Senin 15 Agustus 2016, berikut teknik yang benar saat mencuci buah dan sayur.

1. Cuci tangan dengan bersih, sebelum Anda mulai mencuci buah dan sayur. Ini akan menghilangkan risiko infeksi atau bakteri yang ada di tangan menempel pada buah dan sayur.

2. Talenan, pisau, pengupas, dan semua peralatan potong harus dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai. Hal ini akan menghindarkan bakteri dari kulit buah atau sayur mentah yang berpotensi berpindah ke pisau atau talenan.

3. Jika Anda mengupas buah dan sayur di atas talenan, buang kulit dan cuci talenannya lagi untuk mencegah bakteri dari kulit menempel pada makanan.

4. Jangan mencuci buah dan sayur dengan jenis sabun atau larutan deterjen. Hanya gunakan air bersih dan dingin untuk mencucinya.

5. Untuk buah-buahan atau sayuran dengan kulit luar yang tebal, gunakan sikat untuk membantu membersihkan bakteri yang sulit hilang.

6. Setelah mencuci, keringkan buah atau sayuran dengan handuk atau kertas yang bersih. Hal ini juga dapat membantu menghilangkan bakteri yang tersisa.

7. Cuci semua buah dan sayur secara menyeluruh di bawah air mengalir sebelum dimakan, dipotong, dimasak atau disimpan dalam kulkas. Ketika dikeluarkan dari kulkas untuk dimasak, buah dan sayuran perlu dicuci kembali dan didiamkan dalam suhu ruangan sebelum dimasak. (els)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section