1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Empat Alternatif Sajian Beras Merah untuk Akhir Pekan

"Selain dijadikan nasi merah, beras merah juga bisa jadi..."

By Azalia Amadea 6 Agustus 2016 08:07
Beras merah (realfoods.co.uk)

Money.id - Beras merah memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang lebih rendah. Beras merah biasanya dimakan oleh mereka yang sedang menjalani diet atau memiliki penyakit diabetes. Selain sehat, rasa beras merah juga nikmat.

Hanya saja memang jika dimasak, teksturnya sedikit lebih keras karena beras merah menyerap banyak air. Pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo mengatakan, beras merah dapat diolah menjadi beberapa kreasi masakan lezat sebagai berikut.

1. Nasi merah 

Nasi Merah
© 2016 money.id/Azalia Amadea

Beras merah memang nikmatnya disajikan menjadi nasi merah. Ketika sudah matang menjadi nasi, Anda dapat melengkapinya dengan lauk pauk dan sayuran agar semakin sehat dan nikmat, atau Anda juga dapat memasaknya menjadi nasi goreng dengan suwiran daging ayam dan telur.

2. Bubur merah

"Selain dijadikan nasi merah, beras merah juga bisa jadi bubur. Hanya saja ketika memasaknya, campurkan sedikit beras putih agar dapat mengental," kata Sisca Soewitomo yang ditemui Money.id di Jakarta, Rabu 3 Agustus 2016.

Saran wanita 67 tahun tersebut, bubur merah disajikan dengan pelengkap suwiran ayam, sayuran, dan sambal terasi.

3. Puding nasi merah 

Puding Nasi Merah
© 2016 money.id/skinnyms.com

Jika Anda pernah mendengar rice pudding atau puding nasi, beras merah juga dapat Anda olah menjadi puding nasi. Hanya saja jika dibandingkan dengan beras putih, ketika mengolah beras merah lebih membutuhkan banyak air.

Puding nasi merah akan semakin nikmat jika disajikan dengan tambahan susu dan taburan gula merah di atasnya.

4. Kue kering

Diakui Sisca, ia belum pernah mencoba membuat sajian kue dengan beras merah. Namun ia menyarankan jika ingin mencoba, cobalah membuat beras merah menjadi sajian kue kering karena teksturnya akan renyah. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section