1. HOME
    2. FINANCE
OTOMOTIF

Bisa Klaim Mobil Terendam Banjir, Pilih Jenis Asuransi Ini

Saat banjir di daerah Kemang, Jakarta Selatan, mobil mewah jenis BMW 320i seharga Rp 598 jutaan terendam hingga setengahnya.

By Abdul Kharis 31 Agustus 2016 10:13
Ilustrasi mobil terendam banjir (toyota.astra.co.id)

Money.id - Banjir dengan ketinggian di atas 70 sentimeter menyerang Jakarta tepatnya di kawasan Kemang, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Banjir itu membuat sejumlah kendaraan mewah yang sedang parkir menjadi korban seperti mobil mewah jenis BMW 320i seharga Rp598 jutaan terendam hingga setengahnya.

Saat terjadi hal seperti itu, Anda bisa mengalami kerugian yang sangat besar apabila mobil tidak diasuransikan. Asuransi kendaraan memiliki fungsi melindungi dari risiko kerusakan kendaraan dan mengganti kerugian apabila mobil Anda terendam banjir.

Selain itu, asuransi kendaraan juga melindungi dari risiko pencurian kendaraan dan membantu Anda pada saat kecelakaan apabila ada pihak ketiga yang menjadi korban.

Mengutip dari berbagai sumber, Rabu, 31 Agustus 2016, untuk jenis perlindungan asuransi kendaraan terdiri dari dua tipe.

1. Asuransi Kerugian Total (Total Loss Only atau TLO)

Asuransi kendaraan TLO menjamin kerugian akibat dari kecelakaan dengan minimum kerusakan 75 persen dari harga pertanggungan atau kendaraan hilang.

Di samping perlindungan dasar seperti yang ada di Comprehensive, asuransi mobil ini juga menyediakan perluasan asuransi misalnya tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga dan penumpang, huru-hara (strike, riot and civil commotion), bencana alam (act of god) termasuk banjir. Tetapi asuransi jenis ini memiliki premi yang lebih mahal. 

2. Asuransi Gabungan (Comprehensive atau All Risk)

Asuransi kendaraan ini menjamin kerugian akibat dari kecelakaan besar dan kecil atau kehilangan perlengkapan tambahan dengan pemaksaan, perusakan, atau kendaraan hilang.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai berbagai istilah di bidang asuransi, Anda dapat melihat di halaman istilah Asuransi.

Saat ini, sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkan asuransi mobil yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan karena banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang bersaing dengan menawarkan program menarik.

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section