1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Karyawan Lebih Cepat Sukses Bila Punya Bisnis Sampingan

Tentu saat pindah kamu ingin mendapatkan kenaikan jabatan, namun sayangnya, kualifikasi Anda...

By Dwifantya Aquina 30 Agustus 2016 10:29
Ilustrasi karyawan (Postbrand)

Money.id - Ada banyak keuntungan yang diperoleh seorang karyawan bila memiliki bisnis sampingan. Salah satunya adalah mencapai kesuksesan karier dan finansial. Sayangnya, tidak sedikit karyawan yang berani memulainya. Mereka lebih memilih bekerja dan berharap pada perusahaan untuk menaikkan gaji seiring promosi jabatan.

Padahal, kesempatan untuk mendapat kenaikan jabatan tidak mudah. Nah, untuk memotivasi kamu memulai usaha, berikut ini alasan kenapa karyawan lebih cepat sukses bila punya bisnis sampingan seperti dikutip CekAja.com.

Peluang karier terbuka di perusahaan lain

Bila Anda sudah bekerja selama bertahun-tahun namun tidak juga mendapatkan promosi, mungkin ini saatnya untuk mencari peluang di tempat lain. Tentu saat pindah kamu ingin mendapatkan kenaikan jabatan, namun sayangnya, kualifikasi Anda tidak memenuhi persyaratan. Sebenarnya kekurangan ini bisa disiasati bila Anda memiliki pengalaman mengelola bisnis.

Pengelaman tersebut akan memperkuat CV Anda sehingga membuat pencari kerja lebih percaya pada kemampuan Anda. Bahkan, untuk posisi tertentu yang sangat relevan dengan pengalaman bisnis Anda, Anda bisa mengalahkan kandidat lain yang memiliki titel tinggi namun tak punya pengalaman. (Baca juga: Hati-hati, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Gagal Kaya)

Lebih bahagia saat bekerja

Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan pentingnya bisnis bagi kesehatan mental seseorang. Sebab, penelitian tersebut mengungkap bahwa 77% karyawan yang memiliki bisnis lebih bahagia dibandingkan karyawan kantoran lainnya.

Hal ini bisa dimengerti secara logis karena menjalankan bisnis biasanya hampir sama seperti menjalankan hobi. Fakta ini mengungkapkan bahwa karyawan sangat membutuhkan aktualisasi diri selain bekerja. Salah satu caranya dengan berbisnis.

Kesempatan menjadi pemimpin

Memiliki bisnis sama artinya Anda menjadi pemimpin dari unit usaha yang Anda jalankan. Kesempatan memimpin dan mengelola sebuah usaha akan membuat Anda menjadi bos yang baik.

Kesempatan ini tentu langka bagi karyawan yang tidak memiliki bisnis. Anda juga lebih merdeka dalam menjalankan hidup karena tidak bergantung pada sumber penghasilan utama dari pekerjaan. Dengan kondisi seperti Anda benar-benar menjalani diri sebagai seorang bos.

Dukungan dana

Ada banyak sumber pembiayaan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki bisnsi kecil dan menengah. Sumber pendanaan tersebut bisa datang dari CSR sebuah perusahaan, dana bantuan pemerintah hingga kredit usaha bunga rendah dari perbankan.

Khusus untuk permohonan kredit usaha dari perbankan, gunakan bantuan situs perbandingan kredit secara gratis untuk membantu mendapatkan pinjaman terbaik. (Baca juga: Orang-orang Ini Kehilangan Pekerjaan tapi Justru Merayakannya dengan Gembira)

Penghasilan tambahan

Ini adalah alasan terakhir yang tentu semua orang ingin memilikinya. Penghasilan tambahan bukan saja membuat kamu punya daya beli yang tinggi namun peluang untuk berinvestasi. Banyak karyawan yang tidak bisa memiliki kesempatan ini.

Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk mengelola keuangan dengan lebih baik lagi. Sebab, kamu bertanggungjawab untuk memisahkan dan mengelola keuangan pribadi sekaligus keuangan perusahaan. Nah, berbisnis sangat menguntungkan bukan? Lantas, tunggu apa lagi?

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section