1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Anda Bisa Sengsara Setelah Pensiun Jika Abaikan Hal Ini

Mereka yang pensiun dalam keadaan susah sebagian besar disebabkan karena tidak mempersiapkan dana pensiun.

By Dwifantya Aquina 26 Agustus 2016 08:28
Jangan sampai Anda bangkrut saat pensiun (theregister.co.uk)

Money.id - Pensiun adalah masa di mana kita tidak lagi produktif untuk bekerja. Bagi sebagian orang, pensiun sama artinya dengan berkurangnya kekayaan. Hal tersebut terjadi karena ketidakmengertian orang terhadap perencanaan keuangan untuk pensiun.

Mereka yang pensiun dalam keadaan susah sebagian besar disebabkan karena tidak mempersiapkan dana pensiun. Bila Anda tidak mau pensiun dalam keadaan sengsara, jangan pernah mengabaikan 5 hal berikut ini:

Utang bukan dosa

Banyak orang berpikir, terlebih generasi muda, utang adalah hal yang harus dihindari. Anak-anak muda pun menjauhi berbagai fasilitas pembiayaan seperti kartu kredit atau Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Padahal, bila dimanfaatkan dengan bijak, dua hal tersebut bisa memberikan banyak keuntungan finansial seperti diskon belanja, tiket pesawat gratis, diskon hotel hingga modal bisnis yang relatif mudah diperoleh. Bahkan tidak sedikit perencana keuangan dan ahli-ahli keuangan memanfaatkan kartu kredit dan KTA. Maka, buat apa kita takut berutang? (Baca juga: 7 Hal Ini Sering Membuat Wanita Menyesal Setelah Belanja)

Risiko ada di sekitar Anda

Anda muda, sehat, punya pekerjaan yang baik, mapan secara finansial? Meski memiliki semua hal itu, Anda tetap tidak bebas dari risiko. Bisa saja Anda mengalami bencana hingga kehilangan pekerjaan karena di-PHK atau mengalami kecelakaan.

Karena menyadari banyaknya kemungkinan risiko, Anda harus melindungi diri dan keluarga dari dampak risiko yakni bencana finansial alias kebangkrutan. Proteksi diri dan keluarga dengan asuransi mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa bahkan asuransi perjalanan sekalipun saat melakukan perjalanan.

Hubungan sehat, keuangan sehat

Tahukah Anda bahwa hubungan asmara dan kondisi finansial sangat berkaitan? Seringkali pasangan berpisah hanya karena masalah ekonomi dan sebaliknya banyak hubungan yang justru membuat kondisi finansial memburuk. Bagi kalian yang akan menikah, masalah keuangan keluarga adalah hal penting yang harus dibicarakan bersama.

Jangan pernah menutup sesuatu dari pasangan Anda. Bila pasangan Anda tidak memiliki pengetahuan finansial, beri pemahaman dengan sabar. Bila perlu ajak dia mengikuti forum-forum konsultasi keuangan untuk keluarga. Satu hal lagi yang perlu diingat, perceraian hanya akan membuat kondisi finansial makin memburuk. (Baca juga: Ini Buktinya Kalau Macet Bikin Kamu Bangkrut)

Uang bisa datang dan pergi dengan cepat

Di usia muda Anda bisa memiliki penghasilan yang berkecukupan. Namun, di usia tua semua uang tersebut bisa hilang tak bersisa. Uang memang bisa datang dengan cepat, tapi uang juga bisa menghilang secepat dia datang.

Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan konsumsi yang berlebihan. Untuk itu, lindungilah kekayaan yang Anda miliki dengan berinvestasi. Ada begitu banyak instrumen investasi yang bisa dipilih mulai dari reksa dana, deposito, tabungan emas hingga saham.

 

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section